Warga Kota Batu dan Malang Bakal Terima Bansos Imbas Perpanjangan PPKM 

Avirista Midaada · Rabu, 21 Juli 2021 - 19:46:00 WIB
Warga Kota Batu dan Malang Bakal Terima Bansos Imbas Perpanjangan PPKM 
Wali Kota Malang, Sutiaji, mendatangi PKL yang terdampak PPKM darurat, Jumat (9/7/2021). Foto: iNews.id/Avirista Midaada

KOTA BATU, iNews.id - Warga Kota Batu dan Kota Malang segera menerima dana bantuan sosial (bansos) menyusul PPKM Darurat yang diperpanjang. Saat ini, banyak pekerja yang terpaksa dirumahkan dan tak memiliki penghasilan imbas kebijakan tersebut.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kerja dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kota Batu Muji Dwi Leksono menuturkan, dari laporan yang mereka terima, sudah ada ribuan pekerja sektor wisata yang dirumahkan selama PPKM Darurat. 

"Sampai 20 Juli kemarin ada sekitar 1.104 yang di rumahkan, 683 pekerja dari Kota Batu, 421 pekerja dari warga luar Kota Batu," kata Muji Dwi Leksono saat dikonfirmasi, Rabu (21/7/2021). 

Mayoritas dari para pekerja ini bakal mendapat bantuan sosial (bansos) yang telah dianggarkan Pemkot Batu bersumber dari dana APBD Kota Batu. Nantinya bantuan sosial tunai (BST) bakal dialokasikan untuk 486 orang pekerja warga Kota Batu. 

"Di luar warga Kota Batu jelas tidak akan menerima. Kalau warga Kota Batu juga tidak semua menerima karena sebagian ada yang sudah menerima bantuan dari sektor lain," katanya. 

Sementara itu di Kota Malang, Wali Kota Malang Sutiaji menuturkan, dari data yang telah dihimpun Pemkot Malang, setidaknya ada 52.008 keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima bansos. Namun dari jumlah tersebut bakal dikurangi 14.644 KPM penerima bantuan yang telah diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). 

"Bansos itu dari APBD Kota Malang, total ada 22.861 (penerima) ditambah 12.223, kemarin dewan minta untuk mencari sasaran 12.223. Yang kemarin PKL, sudah digulirkan 2.500 (bagi penerima keluarga manfaat)," ujarnya. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2