Warga Blitar Positif Corona, Pemkab Instruksikan PNS Masuk Bergantian

Robby Ridwan ยท Senin, 23 Maret 2020 - 13:59 WIB
Warga Blitar Positif Corona, Pemkab Instruksikan PNS Masuk Bergantian
Bupati Blitar, Rijanto saat memberikan keterangan pers Senin (23/3/2020). (Foto: iNews/Robby Ridwan)

BLITAR, iNews.id – Seorang warga Blitar, Jawa Timur (Jatim) dinyatakan positif terserang virus corona. Akibatnya, Bupati Blitar menginstruksikan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) masuk kerja secara bergantian.

Bupati Blitar, Rijanto meminta kepada warga untuk bekerja di rumah dan menghindari bergerombol dengan banyak orang. Selain itu, dia juga membuat aturan bagi PNS agar bekerja secara bergantian.

“Para pegawai ini tetap diminta mengerjakan tugasnya sesuai target yang sudah ditentukan oleh pimpinan. Sehari masuk, sehari kerja dari rumah,” katanya saat juma pers, Senin (23/3/2020).

Terkait dengan adanya warga Blitar yang dinyatakan positif corona, dia mengatakan pasien tersebut sudah dirawat di rumah sakit yang ada di Kabupaten Kediri. Selain itu, Dinas Kesehatan Blitar kini tengah memeriksa anggota keluarga yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien.

“Pasien tersebut dalam kondisi stabil,” katanya.

Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, ada 66 orang yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan satu orang dalam status pasien dalam perawatan (PDP).

Adanya aturan ini, membuat Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar tampak lenggang. Sebagian pegawai sudah mulai bekerja di rumah masing-masing. Para pegawai harus mematuhi aturan sehingga dapat memutus rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Salah satu PNS Pemkab Blitar, Yuny mengatakan dampak virus corona ini memang membuat pekerjaan di pemerintah terhambat. Namun demikian, pegawai harus menaati instruksi pemerintah.

“Maksimal tidak maksimal hasil kerja dari rumah, kami harus mentaati instruksi pemerintah, katanya.

Pemkab Blitar menyiapkan lebih dari 800 kamar untuk perawatan pasien di berbagai rumah sakit baik negeri dan swasta . Hal ini untuk mengantisipasi apabila ada warga yang dicurigai terpapar virus corona.

Pemkab Blitar Blitar juga mengimbau tempat hiburan, tempat wisata, gedung pertunjukan, lapangan olah raga, fitness center, sanggar senam dan tempat-tempat berkumpulnya banyak orang, untuk sementara ditutup. Selain itu acara yang melibatkan banyak orang juga diminta untuk ditunda.


Editor : Umaya Khusniah