Wali Kota Malang Klaim PPKM Darurat Berhasil Turunkan Kasus Penularan Covid-19

Avirista Midaada · Rabu, 21 Juli 2021 - 17:46:00 WIB
Wali Kota Malang Klaim PPKM Darurat Berhasil Turunkan Kasus Penularan Covid-19
Wali Kota Malang Sutiaji (Foto: MPI/Avirista Midaada)

KOTA MALANG, iNews.id - Wali Kota Malang Sutiaji mengklaim pelaksanaan PPKM Darurat berhasil menurunkan tingkat penularan Covid-19 di Kota Malang. Hal ini terlihat dari turunnya angka positivity rate kasus yang kini di angka dua persen. 

"Positivity rate di Kota Malang di bawah angka dua persen. Jadi 1 sekian persen sementara standar nasional di bawah lima persen," kata Sutiaji, usai rapat evaluasi PPKM di Balai Kota Malang, Rabu (21/7/2021). 

Sutiaji mengatakan, PPKM Darurat sejak 3-20 Juli 2021 mampu meminimalisasi mobilitas warga yang berimbas menurunkan angka penularan Covid-19. Pembatasan aktivitas masyarakat terbukti efektif. 

"Sudah efektif, buktinya menurunkan angka positivity rate. Jelas ada korelasinya. Kalau ga ada korelasinya, ga mungkin turun. Saya sering sampaikan bahwa yang namanya virus itu tidak bisa nular sendiri, tidak bisa pergi ke mana-mana," katanya. 

Namun diakui Sutiaji, angka penularan Covid-19 ini belum berdampak pada penurunan okupansi bed atau bed occupancy ratio (BOR) sejumlah rumah sakit rujukan di Kota Malang. Sebab, pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan di Malang bukan seluruhnya warga Kota Malang saja. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2