Waduh! Sapi Jumbo di Situbondo Terperosok ke Septic Tank Sedalam 3 Meter

Riski Amirul Ahmad ยท Jumat, 21 Agustus 2020 - 14:01:00 WIB
Waduh! Sapi Jumbo di Situbondo Terperosok ke Septic Tank Sedalam 3 Meter
Proses evakuasi sapi yang terperosok lubang septic tank di Situbondo. (Foto: iNews/Riski Amirul Ahmad)

SITUBONDO, iNews.id – Seekor sapi berukuran jumbo di Situbondo, Jawa Timur (Jatim) terperosok ke dalam lubang septic tank sedalam tiga meter dan lebar satu meter setelah lepas dari kandang. Beruntung sapi berhasil diangkat hidup-hidup setelah tiga jam upaya penyelamatan.

Peristiwa menggemparkan ini terjadi di Desa Sopet, Kecamatan Jangkar, Situbondo, Kamis (20/8/2020). Sapi malang tersebut merupakan milik Rahmat, warga desa setempat.

Lubang septic tank yang sempit membuat sapi bongsor ini terjepit. Kedua kaki belakang tertekuk dan terjepit, sementara badannya yang menjulang ke atas.

Warga yang mengetahui peristiwa ini segera bergotong-royong berusaha mengangkat sapi berbobot 550 kilogram tersebut. Terbatasnya peralatan membuat warga sempat kesulitan membantu pemilik sapi mengevakuasi ternaknya.

Proses evakuasi berlangsung dramatis. Puluhan warga menggunakan tali dan sling baja milik truk tebu yang melintas.

Perlahan, para warga mencoba menarik sapi jenis simental ini dengan mengikat badan dan kaki. Sebagian yang lain berada di dalam lubang untuk mengangkat badan sapi.

Pemilik sapi, Rahmat mengatakan, awalnya dia tidak mendapati sapi tersebut dalam kandang. Setelah dicari, ternyata ternak tersebut terperosok dalam septic tank yang baru digali beberapa hari lalu.

“Awalnya meminta bantuan petugas BPBD dan Damkar Asembagus, tapi mereka terkendala alat yang tidak dimiliki. Lalu ada sebuah truk tebu melintas dan sling baja yang dimilikinya akhirnya dipinjam warga untuk mengevakuasi,” katanya, Kamis (20/8/2020).

Setelah tiga jam, sapi berhasil diangkat dalam kondisi hidup. Meski demikian, sapi dalam kondisi sapi lemah dan beberapa bagian tubuhnya diduga terpelintir.

Warga lalu memberi sapi tersebut dengan air agar bisa segera pulih. Selanjutnya sapi ini akan dipelihara lagi.


Editor : Umaya Khusniah