Viral Video Ojol Hadang Truk Sembako di Surabaya Hoaks, Ini Klarifikasi Polisi

Ihya Ulumuddin ยท Senin, 13 April 2020 - 20:02 WIB
Viral Video Ojol Hadang Truk Sembako di Surabaya Hoaks, Ini Klarifikasi Polisi
Kericuhan saat pembagian beras bagi ojol di Surabaya, Jatim. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Kabar penghadangan truk sembako oleh ojek online (ojol) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim) sebagaimana video yang beredar ternyata hoaks. Yang benar, keramaian itu terjadi karena puluhan driver ojol mengantre pembagian sembako oleh sebuah komunitas di Surabaya.

Saking banyaknya ojol yang antre, akses jalan di depan Galaxi Mall menjadi macet. Karena itu, polisi terpaksa membubarkan. Sebab, selain menganggu arus lalulintas, aktivitas sosial tersebut juga tidak berizin.

“Rupanya ada miskomunikasi antara penyelenggara dengan para driver ojol, hingga netizen memosting kejadian itu tanpa klarifikasi. Jadi sebenarnya tidak ada penghadangan,” kata Kapolsek Mulyorejo, Kompol Enny Prihatin, Senin (13/4/2020).

Enny menjelaskan, pembagian sembako itu berawal dari niat baik sekelompok orang yang ingin menikmati senam pagi di depan Mal Galaxy Surabay pada Jumat (10/4/2020) pagi. Mereka melakukan aksi bagi-bagi sembako bagi mitra ojek online yang juga biasa mangkal di depan mal tersebut.

Namun, sayangnya aksi sosial tersebut berdampak kurang baik karena menimbulkan kemacetan. “Antrean sampai panjang. Karena itu polisi akhirnya turun tangan. Ojol yang bergerombol dan antre terpaksa kami bubarkan. Kami menerapkan physical distancing. Apalagi, kegiatan itu tidak ada izin resmi,” katanya.

Menurut Enny, para driver ojol sebenarnya berperilaku tertib dengan mengantre dengan baik. Polisi, lanjut Enny, hanya melakukan antisipasi agar driver tersebut tidak berkerumum. Apalagi sebagian besar driver dalam kondisi tidak memakai masker.

“Jadi, tidak ada yang namanya hadang menghadang. Kalau ramai di media sosial karena ada hadang menghadang, bisa jadi yang mengunggah ke medsos itu hanya mengetahui pas bubaran aksi. Sehingga mereka terkesan menghadang truk. Padahal, tidak begitu kejadiannya,” katanya.

Karena itu, dia berharap, kalaupun ada niat baik para pemilik rezeki, sebisa mungkin berkoordinasi dengan pihak terkait. Apalagi di tengah wabah corona seperti ini.

Diketahui, beredar informasi di media sosial bahwa ada penghadangan truk sembako oleh driver ojol di Surabaya. Salah satunya adalah akun facebook Faizal Herman. Dia menulis “oknum2 ojol menghalangi truk bantuan sembako di Surabaya”.


Editor : Umaya Khusniah