Viral Siswi MTs di Blitar Hafal Biografi dan Mampu Tirukan Gaya Pidato Bung Karno

Robby Ridwan ยท Selasa, 26 November 2019 - 12:48 WIB
Viral Siswi MTs di Blitar Hafal Biografi dan Mampu Tirukan Gaya Pidato Bung Karno
Aisya Cahyaning Saputri (14), siswi MTS Negeri 2 Blitar yang menjadi juara pertama menirukan gaya bicara Bung Karno dalam menyampaikan biografinya. (Foto: iNews/Robby Ridwan)

BLITAR, iNews.id – Seorang siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Kota Blitar Aisya Cahyaning Saputri (14) memiliki kemampuan menghafal dan menirukan gaya pidato Presiden I RI Ir Soekarno. Dia menjadi juara pertama dalam lomba pembacaan biografi Bung Karno tingkat Jawa Timur (Jatim) Oktober lalu di Perpustakaan Bung Karno, Kota Blitar.

Rekaman videonya saat tampil dalam ajang lomba tersebut pun viral di media sosial (medsos). Warganet banyak memberi apresiasi atas kemampuan yang dimiliki Ketua OSIS MTS Negeri 2 Kota Blitar tersebut.

Di ajang lomba itu, Aisya bersaing dengan 49 peserta lainnya. Waktu penampilam selama 10 menit yang diberikan panitia dapat dia manfaatkan dengan baik. Intonasi dan gaya bicaranya saat menyampaikan biografi Bung Karno nyaris menyamai cara sang proklamator bangsa.

“Keseluruhan latihannya butuh waktu satu bulan. Untuk menghafal materi 1 minggu, sisa waktu mempelajari gaya retorika, gesture dan cara pidato Bung Karno. Kesulitannya di situ, gaya dan pelafalannya,” ujar putri pertama pasangan Cahyo Husodo dan Puji Priatuti, warga Desa Jiwut, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Menurutnya, hal yang mendorong untuk berupaya keras berlatih karena rasa keinginannya mengetahui sejarah pejuang bangsa, khususnya kisah tentang Presiden pertama Indonesia.

“Pesan dan harapan saya, kita generasi muda harus bisa mengamalkan sifat sang proklamator,” katanya.


Editor : Donald Karouw