Viral Pemuda Tak Pakai Masker Diamankan Satpol PP Surabaya Seperti Pelaku Kriminal

Hari Tambayong ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 11:16:00 WIB
Viral Pemuda Tak Pakai Masker Diamankan Satpol PP Surabaya Seperti Pelaku Kriminal
Tangkapan layar pemuda yang diamankan bak pelaku kriminal lantaran tak pakai masker di Surabaya. (Foto: iNews/Hari Tambayong)

SURABAYA, iNews.id - Jagat maya viral dengan rekaman pemuda yang diamankan petugas Satpol PP di tempat pengisian air isi ulang, Jalan Karang Menjangan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Pemuda yang diketahui bernama Subandi tersebut mendapat perlakuan kasar dan dipaksa naik mobil patroli petugas seperti pelaku kriminal lantaran tidak pakai masker.

Dalam video pendek berdurasi 1 menit 36 detik, tampak Subandi dikelilingi petugas yang berupaya mengamankannya. Aksi petugas ini sempat dihalangi seorang perempuan yang membela pemuda tersebut.

"Jangan teriak-teriak pak, yang etis pak. Kami ikut aturan pemerintah," ucap perempuan tersebut.

Namun petugas tim swab hunter tersebut tetap membawa paksa Subandi agar naik ke mobil patroli. Dia ditarik bahkan nyaris diangkat sejumlah petugas.

"Saya mau ikut pak, tapi yang jaga itu siapa nanti. Saya lagi kerja pak," kata Subandi yang kembali mendapat perlakuan kasar dalam mobil patroli.

Kejadian yang viral ini ternyata direkam pada Sabtu (12/10/2020). Menanggapi video tersebut, Kasatpol PP Surabaya Eddy Christijanto menilai yang terjadi merupakan kesalahpahaman antara warga dengan petugas swab hunter. Warga tersebut memberontak saat terjaring razia masker.

"Kegitan itu giat rutin petugas swab hunter untuk menjaring warga tak bermasker. Pria itu tak pakai masker dan tidak memiliki KTP, saat ditanya ternyata berasal dari Jakarta, makanya dibawa untuk tes swab," katanya, Senin (12/10/2020).

Saat itulah, yang bersangkutan memberontak karena dipikir akan dimasukkan ke liponsos (pondok sosial) sehingga terjadi kesalahpahaman.

"Setelah di mobil dijelaskan petugas dia mengerti. Kemudian dia mau tes swab dengan hasil negatif lalu kami pulangkan. Dia juga sudah minta maaf ke petugas," katanya.

Kasatpol PP mengimbau agar warga memahami tugas tim hunter swab berkaitan dengan pencegahan covid.

"Kami juga minta anggota di lapangan agar penanganan berjalan humanis dan tetap memberikan hak-hak warga. Namun juga warga harus paham dengan tugas pokok petugas kami agar pandemi yang terjadi ini bisa segera teratasi," katanya.


Editor : Donald Karouw