Video Pelecehan Gerakan Salat di Sampang Viral, 4 Pelaku Diserahkan ke Polisi

Tikno Arie ยท Minggu, 20 September 2020 - 14:18 WIB
Video Pelecehan Gerakan Salat di Sampang Viral, 4 Pelaku Diserahkan ke Polisi
Rilis kasus penistaan gerakan salat oleh empat pemuda di Sampang, Jatim. (Foto: iNews/Tikno Arie)

SAMPANG, iNews.id – Video empat pemuda di Sampang, Pulau Madura, Jawa Timur (Jatim) melecehkan gerakan salat viral di media sosial. Akibatnya, mereka diamankan aparat Polres Sampang.

Keempat pemuda tersebut yakni RN, AB, AD dan ZI yang merupakan warga Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang. Dalam video berdurasi 15 detik tersebut, salah satu pelaku terlihat tengah menjadi imam salat sementara satu lainnya menjadi makmum.

Makmum tersebut justru ikut merekam gerakan imam sambil tetap mengikutinya. Sementara dua pelaku lain ikut merekam aksi tersebut.

Kapolres Sampang, AKBP Abdul Hafidz mengarakan, para pelaku mengaku tidak bermaksud menistakan gerakan salat. Mereka berdalih hanya bercanda dan bersedia meminta maaf kepada publik dan berjanji tak mengulangi.

“Video tersebut diunggah pada 15 September 2020. Dua pelaku masih di bawah umur dan dua lainnya sudah dewasa,” katanya saat rilis kasus, Sabtu (19/9/2020).

Kepada polisi, pelaku mengaku mengunggah video tersebut ke media sosial dengan tujuan bercanda. Mereka juga mengakui kesalahan tersebut.

Sementara Bupati Sampan, Slamet Junaidi mengatakan, pihaknya sudah berkomunimasi dengan alim ulama. Hasilnya, para ulama menyerahkan hal ini ke Polres Sampang.

“Alim ulama menyerahkannya pada Polres Sampang,” katanya.

Sebagai hukuman, keempat pemuda juga harus belajar di pondok pesantren serta membersihkan masjid terdekat dari rumah mereka. Pelakasanaan sanksi tersebut akan diawasi oleh kepala desa yang setiap harinya akan melapor ke Mapolres Sampang.


Editor : Umaya Khusniah