Turis Asing Nekat Terobos Pagar Batas Kawah Gunung Bromo, Diduga Cari Perhatian Warganet

Okezone.com, Avirista Midaada ยท Kamis, 24 September 2020 - 10:47 WIB
Turis Asing Nekat Terobos Pagar Batas Kawah Gunung Bromo, Diduga Cari Perhatian Warganet
Video aksi seorang turis asing yang diunggah di insta story media sosial Instagram viral. (Foto: Istimewa)

MALANG, iNews.idVideo aksi seorang turis asing yang diunggah di insta story media sosial Instagram viral. Pasalnya, dia nekat menerobos pagar batas kawah Gunung Bromo.

Aksi tersebut diduga dilakukan pelaku untuk mendapatkan foto terbaik dan mendapat perhatian warganet. Kini, video yang diunggah akun Instragram atas nama @ayunta_rai ini kini telah hilang.

Aksi yang dilakukan turis asing tersbut disayangkan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) selaku pengelola wisata. Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan BB TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran dan mengindentifikasi turis asing berinisial AR.

Dia memperkirakan, AR berkunjung pada Senin 21 September 2020 sebelum akhirnya aksi menerobos pagar kawahnya viral.

“Di data kami, ada empat orang turis asing. Info teman-teman di lapangan, diperkirakan kejadiannya siang. Posisi petugas saat bergeser patroli ke arah sabana berbatasan, karena situasi memang sepi,” kata Sarif, Kamis (24/9/2020).

Dia menyebut, selebgram tersebut telah melanggar beberapa aturan dari PVMBG PGA. AR melanggar batas aman kunjungan, yakni traveler diimbau untuk berada di jarak satu kilometer dari kawah. Pelanggaran kedua, kawah Gunung Bromo tidak boleh dimasuki apalagi berfoto.

“Kebijakan kita jelas. Sesuai dengan arahan dari PVMBG PGA Cemoro Lawang, radius aman kunjungan ke Bromo itu satu kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo,” katanya.

Dirinya mengaku prihatin dan kecewa ada turis asing yang bersikap membahayakan dan tak mematuhi aturan. “Kami sudah berusaha optimal, meskipun kami sadar kami masih banyak keterbatasan,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah