Tumbuh Pesat, Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Tembus 5 Juta Orang

Pramono Putra ยท Senin, 19 Oktober 2020 - 13:43:00 WIB
Tumbuh Pesat, Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Tembus 5 Juta Orang
Ratusan penumpang di Bandara Internasional Juanda menunggu jadwal keberangkatan, Senin (19/10/2020). (Foto: iNews.id/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.id – Jumlah penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo tumbuh pesat. Sejak pemberlakuan new normal Juli lalu, total penumpang di Juanda sudah mencapai 5 juta orang.

PTS General Manager Bandara Internasional Juanda, Indah Preastuti mengatakan, dari total 5 juta penumpang, 1,1 juta penumpang di antaranya merupakan kontribusi selama triwulan III. Sisanya pada triwulan I dan II.

“Terjadi pertumbuhan trafik yang cukup baik pada triwulan ketiga ini jika dibandingkan triwulan kedua lalu. Peningkatannya hampir tiga kali lipat, yakni 411.716 penumpang di triwulan kedua dan 1.133.855 penumpang di triwulan ketiga,” katanya, Senin (19/10/2020).

Indah mengatakan, peningkatan traffic masih didominasi penerbangan domestik. Sedangkan untuk Internasional hingga saat ini masih terbatas pada penerbangan repatriasi dan penerbangan terbatas sesuai aturan negara tujuan.

Indah mengatakan, selain jumlah penumpang yang tumbuh positif, pergerakan pesawat dan kargo juga mengalami hal yang sama. Tercatat untuk jumlah pesawat pada periode triwulan ketiga mengalami peningkatan sebesar 97,2 persen.

“Setara dengan 13.504 pergerakan pesawat jika dibandingkan dengan triwulan kedua sebesar 6.848 pergerakan pesawat. Sedangkan untuk kargo tercatat 16.507.563 Kg atau meningkat 65,96 persen dibandingkan triwulan kedua yang mencapai 9.946.504 Kg kargo,” ujanya.

Menurut Indah, jumlah rata-rata penumpang per hari juga mengalami pertumbuhan yang menggembirakan. Pada triwulan kedua, rata-rata per hari terdapat 4.626 penumpang. Sedangkan pada triwulan ketiga rata-rata 12.324 penumpang per hari.

“Tumbuh sekitar 166,4 persen. Ada kalanya lebih dari 12.000 penumpang jika bertepatan dengan libur panjang akhir pekan. Pertumbuhan ini pertanda yang menggembirakan, bahwa bepergian menggunakan moda transportasi udara aman dan nyaman,” ujarnya.

Sementara itu, untuk rata-rata pergerakan pesawat di triwulan ketiga yakni sebesar 146 pergerakan per hari. Tumbuh 92,1 persen dibandingkan triwulan kedua sebanyak 76 pergerakan per hari.

Sedangkan untuk kargo, tercatat sebanyak 179.430 kg per hari di triwulan ketiga, naik 60,6 persen dibanding triwulan kedua sejumlah 111.758 kg per hari.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang tersebut berbagai upaya telah dilaksanakan, diantaranya penerapan protokol kesehatan hingga pembentukan tim untuk patroli penerapan protokol kesehatan. Selain itu, kemudahan memenuhi syarat bepergian.

“Seluruh upaya tersebut kami lakukan secara konsisten. Kami berharap hingga akhir tahun nanti baik arus pesawat, penumpang dan barang dapat terus meningkat,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin