Tim Medis RSU Muhammadiyah Babat Lamongan Ciptakan Hand Sanitizer dan Dibagikan Gratis

sapari ranuwijaya ยท Selasa, 07 April 2020 - 14:39:00 WIB
Tim Medis RSU Muhammadiyah Babat Lamongan Ciptakan Hand Sanitizer dan Dibagikan Gratis
Tim medis RSU Muhamadiyah Babat, Lamongan sedang membuat hand sanitizer. (Foto: iNews/Sapari Ranuwijaya)

LAMONGAN, iNews.id - Tim medis Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Babat, Lamongan, Jawa Timur (Jatim) membuat hand sanitizer atau cairan pemberbersih tangan secara mandiri. Selanjutnya, hand sanitizer tersebut dibagikan secara gratis ke lembaga pendidikan, klinik, tempat umum masjid dan instasi di sekitar Kecamatan Babat.

Di laboratorium rumah sakit, tim medis terus membuat hand sanitizer dari bahan yang sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Mereka menggunakan ethanol 96 persen, gliserin 98 persen, H2O2 tiga persen dan aquadest.

Direktur RSU Muhammadiyah Babat, dokter Fara Nurdiyana mengatakan, akibat penyebaran Covid-19, banyak masyarakat kesulitan untuk mencari hand sanitizer. Maka dati itu time medis berupaya membantu memutus rantai penyebaran corona dengan membuat hand sanitizer secara mandiri.

“Dalam sehari, tim dapat membuat hand sanitizer hingga 300 liter. Cairan ini kemudiain dimasukkan dalam botol berukuran dua liter,” katanya, Senin (6/4//2020).

Dokter Fara juga mengimbau supaya masyarakat selalu menjaga kesehatan, kebersihan serta selalu memakai masker. Selain itu pola makan juga harus dijaga agar ketahanan tubuh atau imun selalu dalam kondisi baik sehingga akan kebal virus corona.


Editor : Umaya Khusniah