Tim Gabungan Libatkan 1 Water Cannon dan 2 Damkar untuk Semprot Disinfektan di Pasuruan

Jaka Samudra ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 18:59 WIB
Tim Gabungan Libatkan 1 Water Cannon dan 2 Damkar untuk Semprot Disinfektan di Pasuruan
Iring-iringan mobil water cannon dan mobil damkar yang lakukan penyemprotan disinfektan di Pasuruan, Jatim. (Foto: iNews/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.id – Tim gabungan yang terdiri atas Pemerinta Kota (Pemkot), Kodim 0819 dan Polresta Pasuruan melakukan penyemprotan massal, Kamis (26/3/2020). Sebuah mobil water cannon dan dua mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk menyemprot rumah-rumah dan jalan protokol kota.

Dalam melakukan penyemprotan disinfektan, tim gabungan menghidupkan sirine. Mereka melakukan penyemprotan di Jalan Dihasanuddin, Kecamata Bugul Kota Pasuruan, dilanjutkan jalan protokol dan jalan wilayah kota.

Tak hanya menyemprot, petugas juga terus mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah dan tetap menjaga kebersihan serta cuci tangan. Selain itu, polisi juga menyosialisasikan tentang pelanggaran jika ada kegiatan mengumpulkan massa.

Warga bisa ditangkap apabila imbauan ini tidak diperhatikan dan dijerat Undang-Undang Republik Indonesia tentang Kekarantinaan Kesehatan dengan ancaman hukuman satu tahun dan denda Rp100 juta.

Kapolres Pasuruan, Akbp Dony Alexander mengatakan tujuan dari penyemprotan disinfektan ini agar wilayah di Pasuruan Kota bebas virus. Kegiatan ini akan terus dilakukan dengan bekerja sama dengan BPBD, Kodim, Pemerintah Kota dan Polres Pasuruan Kota.

“Kegiatan ini bertujuan agar permukina, jalanan dan wilayah Pasuruan Kota tidak ada virus,” katanya, Kamis (26/3/2020).

Penyemprotan disinfektan dan razia warga keluyuran ini akan terus dilakukan setiap hari sampai virus corona ini aman dari wilayah timur. Selain itu kegiatan ini akan dilakukan secara spontanitas.


Editor : Umaya Khusniah