Terjunkan 3 SRU, Korban Tenggelam di Pantai Jonggring Saloko Malang Berhasil Ditemukan

Sindonews.com, Ali Masduki ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 17:42 WIB
Terjunkan 3 SRU, Korban Tenggelam di Pantai Jonggring Saloko Malang Berhasil Ditemukan
Tim SAR mengevakuasi jenazah Imam Sulistiono yang tenggelam di perairan Pantai Jonggring Saloka, Donomulyo, Malang. (Foto: Istimewa)

MALANG, iNews.id  - Seorang laki-laki yang dikabarkan tenggelam di Pantai Jonggring Saloko, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Jasad korban ditemukan pada Jumat (10/7/2020) pukul 10.30 WIB.

Imam Sulistiono (30), warga Dusun Krajan, Desa Kedung Salam ditemukan tim SAR gabungan. Korban meninggal di titik koordinat 08° 22' 45.066" S 112° 23' 42.834" E  atau sekitar 157 meter dari lokasi awal tenggelamnya korban.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, jenazah korban berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan menuju ke Posko SAR sekitar pukul 11.48 WIB. Selanjutnya, jenazah korban dibawa ke Puskesmas Donomulyo untuk diproses lebih lanjut oleh petugas.

Sebelumnya, dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan mengerahkan satu SRU (Search and Rescue Unit) air untuk melakukan pencarian. Tim menggunakan satu set perahu karet BASARNAS di perairan Pantai Jonggring Saloko.

"SRU air harus menghadapi terjangan ombak besar saat akan bergerak dari pesisir pantai menuju area perairan, maupun saat kembali ke pantai. Namun dengan perhitungan yang tepat, kendala ini bisa dihadapi," kata Wayan.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan sebanyak dua SRU darat untuk melakukan penyisiran sejauh sekitar enam kilometer di sepanjang pesisir pantai Jonggring Saloko. SRU darat ini pun juga harus berjuang melewati tebing saat melakukan penyisiran.

Upaya penemuan hingga evakuasi korban ini melibatkan peran sejumlah pihak. Di antaranya Kantor SAR Surabaya, Pos TNI AL Sendang Biru, Polres Malang, Polsek Donomulyo, Koramil Donomulyo, BPBD Kabupaten Malang, SEMAR, MSR, PSR, SAR MTA Malang, Gimbal Alas, ACT, RAPI dan nelayan sekitar.


Editor : Umaya Khusniah