Terbukti Bersalah Kasus Narkoba, Basis Boomerang Divonis 1 Tahun 4 Bulan Penjara

Ihya Ulumuddin ยท Kamis, 14 November 2019 - 20:03 WIB
Terbukti Bersalah Kasus Narkoba, Basis Boomerang Divonis 1 Tahun 4 Bulan Penjara
Pemain bass grup band Boomerang, Hubert Henry Limahelu. (Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

SURABAYA, iNews.id - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur menjatuhkan vonis satu tahun empat bulan penjara kepada pemain bass grup band Boomerang, Hubert Henry Limahelu, Kamis (14/11/2019). Putusan ini lebih ringan dua bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang meminta terdakwa dihukum satu tahun enam bulan.

Vonis ini dibacakan langsung oleh Hakim Ketua, Anne Rusiana. “Menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan, pasal 127 Undang-Undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Menjatuhkan pidana selama 1 tahun 4 bulan dikurangi selama terdakwa menjakani masa tahanan," kata Anne dalam amar putusannya.

Anne mengatakan, hal yang meringankan vonis di antaranya terdakwa mengaku bersalah. Sedangkan hal yang memberatkan yakni terdakwa dianggap tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkoba.

Menanggapi putusan itu, terdakwa melalui kuasa hukumnya maupun JPU menyatakan pikir-pikir. Mereka masih memiliki waktu tujuh hari untuk memutuskan.

Usai sidang, Henry mengaku berterima kasih atas vonis tersebut. Dia mengaku akan tetap berkarya sebagai seniman.

"Saya berterima kasih dengan vonis ini. Karena saya seniman, saya akan tetap berkarya,” katanya.

Diketahui, Henry ditangkap Polrestabes Surabaya di rumahnya di kawasan Jalan Kalongan, Surabaya. Saat ditangkap, petugas menemukan tiga bungkus plastik narkotika jenis ganja yang disimpan di atas atap genteng rumah.

Dari hasil penyidikan, ganja tersebut dibeli Henry dari Michale Amos (berkas perkara terpisah) seharga Rp400 ribu untuk dikonsumsi sendiri.


Editor : Umaya Khusniah