Terapkan Satu Pintu Masuk, 10 Perumahan di Malang Terapkan Lockdown

Avirista Midaada, Okezone ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 11:50 WIB
Terapkan Satu Pintu Masuk, 10 Perumahan di Malang Terapkan Lockdown
Penerapan lockdown di sejumlah perumahan Kota Malang. (Foto: Okezone).

MALANG, iNews.id - Sejumlah kawasan perumahan warga di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) menerapkan pembatasan jarak sosial atau social distancing antarwarga. Upaya yang dilakukan dengan memberlakukan satu pintu sebagai akses keluar masuk warga.

Data yang dihimpun, ada sekitar 10 permukiman yang menerapkan hal tersebut. Di antaranya Perumahan Permata Jingga, Perumahan Citra Garden, Perumahan Araya, Perumahan Green Orchid, Perumahan Ijen Nirwana, dan Perumahan Istana Gajayana.

Batasan ini seperti penerapan lockdown. Hanya penghuni di wilayah tersebut saja yang bisa keluar masuk permukiman mereka. Itupun dengan pengawalan ketat, seperti penyemprotan disinfektan, pengukuran suhu tubuh dan pemberian antiseptik.

"Iya, ada sepuluh perumahan yang menerapkan one guide system, jadi keluar masuk kendaraan hanya lewat satu pintu masuk dan keluar," kata Kapolresta Malang Kotam, Kombes Pol Leonardus Simarmata, di Kota Malang, Jatim, Minggu (29/3/2020).

Nantinya di kawasan tersebut, di luar penghuni perumahan tak diperbolehkan masuk. Bila ada seseorang kurir yang mengantarkan paket barang atau makanan telah disiapkan seseorang dari perumahan yang ditunjuk untuk mengantarkan sampai rumah tujuan.

"Tugas utamanya menghubungkan orang yang datang baik barang, makanan, dan lain-lain itu melalui kurir. Jadi tidak akan ada orang luar tanpa kita ketahui latar belakangnya, bisa masuk," ujar dia.

Sementara itu Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan, langkah physical distancing atau pembatasan fisik ini diterapkan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Penetapan jalan, kawasan, dan perumahan untuk dijadikan sasaran physical distancing merupakan bagian dari langkah memutus mata rantai sebaran Covid-19," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal