Tantang Petahana, PKB Usung Kerabat Gus Dur di Pilkada Malang

Saif Hajarani ยท Minggu, 16 Agustus 2020 - 06:01:00 WIB
Tantang Petahana, PKB Usung Kerabat Gus Dur di Pilkada Malang
Bakal Calon Bupati Malang dari PKB Lathifah Shohib (Foto: istimewa)

MALANG, iNews.id - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengusung Lahtifah Shohib sebagai bakal calon Bupati Malang di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang. Lathifah merupakan anggota Komisi X DPR RI sekaligus kerabat mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Sedangkan untuk wakilnya, PKB menunjuk mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Malang Didik Budi Muljono. Rekomendasi pasangan ini diserahkan di Kantor DPC PKB Kabupaten Malang, Sabtu (15/8/2020).

PKB optimistis pasangan Lathifah-Didik mampu mengalahkan petahana HM Sanusi-Didik Gatot Subroto yang diusung PDI Perjuangan. "Bu Nyai Lathifah sudah berpengalaman karena dua periode menjadi anggota DPR RI. Di pileg (pemilihan legislatif) beliau juga mendapat suara terbanyak. Maka, salah satu yang bisa mengalahkan petahana adalah Bu Nyai Lathifah," kata Ketua DPC PKB Kabupaten Malang Ali Ahmad sesuai menyerahkan rekomendasi.

Sedangkan sosok Didik, kata Ali, cukup potensial karena punya pengalaman birokrasi yang bagus. Selain dua kali sebagai sekda, Didik juga pernah menjadi kepala dinas. "Jadi cukup paham tentang pemerintahan," ujarnya.

Sementara itu, Lathifah mengaku berterima kasih atas rekomendasi tersebut. Dia juga optimistis mampu mengemban amanah partai dan warga Malang untuk memenangi kontestasi ini. "Dalam hidup harus optimistis. Semua sudah diatur oleh Allah. Tetapi, manusia wajib berikhtiar. Jadi kami akan berikhtiar semaksimal mungkin," katanya.

Setelah ini, lanjut Lathifah, pihaknya akan mendeklarasikan diri dan langsung bekerja untuk memanasi mesin partai. "Dalam waktu dekat kami juga akan membentuk tim kampanye," ujarnya.

Diketahui hingga saat ini sudah ada dua pasangan bakal calon yang akan mengikuti kontestasi Pilkada 2020 di Kabupaten Malang. Masing-masing Sanusi-Didik Gatot Subroto yang diusung koalisi PDIP, Nasdem, PPP, Demokrat dan Gerindra, serta Lathifah-Didik Budi Muljono. Sedangkan bakal calon perseorangan Heri Cahyono-Gunadi Handoko masih menunggu verifikasi KPU.

Editor : Ihya Ulumuddin