Tanggul Sungai Jenes di Ponorogo Jebol, Banjir Rendam Permukiman dan Jalan Desa

Ahmad Subekhi ยท Jumat, 28 Februari 2020 - 10:55 WIB
Tanggul Sungai Jenes di Ponorogo Jebol, Banjir Rendam Permukiman dan Jalan Desa
Tanggul jebol menyebabkan banjir di Kelurahan Pakunden, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.id – Sebuah tanggul di Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) jebol akibat tidak kuat menahan debit air. Akibatnya, air menggenangi permukiman, jalan desa dan sekolah.

Hujan selama lebih dari dua jam yang melanda Ponorogo pada Kamis (27/2/2020) menyebabkan tanggul Sungai Jenes yang ada di Kelurahan Pakunden, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo jebol. Hingga Jumat (28/2/2020) pagi, air masih tampak menggenangi jalan desa dan rumah warga.

Warga tampak berusaha membersihkan rumah dari banjir dan lumpur. Sementara kegiatan belajar mengajar diliburkan karena sekolah terendam banjir.

Menurut salah satu warga, Rendi Purwanto mengatakan hampir semua rumah yang berada di dekat tanggul terendam banjir. “Karena memang hujan deras dan tanggul jebol, makanya banjir,” katanya, Jumat (28/2/2020).

Sementara menurut salah satu siswa SD Pankunden, Maura Anjani mengatakan, sekolah yang terendam banjir mengakibatkan kegiatan belajar mengajar diliburkan. “Sekolahnya kebanjiran, jadi tidak masuk,” katanya.

Di gedung sekolah, para guru bergotong-royong membesihkan lumpur sisa banjir. Kelurahan Pakunden merupakan kawasan terparah terdampak banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Jenes.

Banjir sempat surut pada Kamis malam. Namun air kembali naik pada dini hari hingga pagi. Tidak ada warga yang mengungsi akibat banjir ini.


Editor : Umaya Khusniah