Tak Kuat Menahan Debit Air Tinggi, 4 dari 6 Pintu Air di Mojokerto Jebol

Sholahudin ยท Senin, 30 Desember 2019 - 11:04 WIB
Tak Kuat Menahan Debit Air Tinggi, 4 dari 6 Pintu Air di Mojokerto Jebol
Pintu air yang jebol di Mojokerto, Jatim. (Foto: iNews/Sholahudin)

MOJOKERTO, iNews.id – Empat pintu air dam di Mojokerto, Jawa Timur (Jatim) jebol akibat tidak kuat menahan arus sungai. Akibatnya, ratusan hektare sawah di empat desa terancam kekeringan yakni Desa Modopuro, Randubango, Jotangan dan Mojosari.

Pintu air dam Kedunggempol di Desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto jebol diterjang derasnya aliran Sungai Sadar Sabtu (28/12/2019) malam. Pintu air ini jebol karena tumpukan enceng gondok yang menutupi aliran air.

Dari enam pintu air dam yang ada, empat di antaranya jebol dan hanya tersisa dua pintu. Air langsung mengalir deras tanpa tertahan di pintu air.

Menurut salah satu saksi mata, Partono, pintu air ini jebol saat hujan deras di kawasan hulu yakni Kecamatan Pacet, Gondang dan Dlanggu. Hujan deras ini mengakibatkan debit air Sungai Sadar meningkat.

BACA JUGA: Permukaan Pintu Air Pasar Ikan Naik, Ini 9 Wilayah Berpotensi Banjir Rob

Dia yang saat itu bersama tiga rekannya bermaksud menjala ikan. Namun saat akan melintas jembatan, tiba-tiba terdengar suara gemuruh dan pintu air langsung jebol.

“Saya mau menyeberang, tapi hati saya kok ga enak. Saya tunggu benta, tiba-tiba ada suara gemuruh dan pintu air langsung roboh,” katanya Minggu (29/12/2019).

Partono menambahkan akibat jebolnya pintu air ini, banyak sawah akan kering. “Ya kalo ada hujan, kalau ga,” katanya lagi.

Kini warga berharap pemerintah setempat segera memperbaiki dam pintu air Kedunggempol. Karena saat musim kemarau, dam ini sangat bermanfaat untuk petani sekitar aliran Sungai Sadar.


Editor : Umaya Khusniah