Sungai di Pasuruan Dipenuhi Limbah Busa Sepanjang 1 Kilometer

Jaka Samudra ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 11:26 WIB
 Sungai di Pasuruan Dipenuhi Limbah Busa Sepanjang 1 Kilometer
Busa yang memenuhi permukaan sungai di Pasuruan, Jatim, Sabtu (15/2/2020). (Foto: iNews.id/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.id – Sebuah sungai di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) mendadak mengeluarkan busa mirip salju yang diduga tercemar limbah salah satu perusahaan. Akibatnya, warga resah lantaran mereka biasa mandi dan mencuci baju di sungai.

Sungai berbusa ini terletak di Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Warga menyadari ada busa di sungai ini pada Sabtu (15/2/2020) pagi.

Busa yang menutup permukaan sungai ini terjadi sepanjang satu kilometer. Limbah ini sempat menepi ke bibir sungai akibat terkena angin.

Menurut warga setempat, Musyafa, warga menduga, hamparan busa ini berasal dari limbah pabrik yang sengaja dibuang ke sungai. “Baru kali ini ada busa ini, kemungkinan limbah pabrik,” katanya, Sabtu (15/2/2020).

Meski begitu, belum diketahui pabrik yang membuang limbahnya ke sungai. Hal ini karena sepanjang sungai, banyak perusahaan di antaranya pabrik deterjen yang lokasinya tak jauh.

Sebelumnya, busa juga mencemari Kali Demper di Sungai Pateguhan, Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jumat (14/2/2020). Pencemaran sungai itu diduga disebabkan tumpahan hitam dari pengolahan plastik milik warga.


Editor : Umaya Khusniah