Sumenep Tak Lagi Zona Hijau, 4 Warga Positif Corona usai Pelatihan Haji di Surabaya

Abdul Rahem ยท Sabtu, 25 April 2020 - 07:21:00 WIB
Sumenep Tak Lagi Zona Hijau, 4 Warga Positif Corona usai Pelatihan Haji di Surabaya
Bupati Sumenep Busyro Karim (Foto: iNews/Abdul Rahem)

SUMENEP, iNews.id - Kabupaten Sumenep, Jawa Timur kini tak lagi jadi zona hijau Covid-19. Empat warganya dilaporkan positif virus corona pada Jumat (24/4/2020).

Bupati Sumenep Busyro Karim menyampaikan empat warganya positif terjangkit virus corona dari hasil swab. Sebelumnya mereka mengikuti kegiatan pelatihan bimtek haji di Asrama Sukolilo, Surabaya pada pertengahan hingga akhir bulan Maret.

Busyor menjelaskan, total tenaga kesehatan yang ikut pelatihan saat itu sebanyak sembilan orang. Namun ada 5 orang yang dinyatakan positif dari hasil rapid test. Setelah dicek swabnya, hanya 4 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Semuanya itu positif, lalu diswab di Surabaya yang 5 itu sudah kita isolasi. Sore barusan hasil swab kita terima dari lima yang yang positif corona hanya empat. tiga laki-laki dan satu perempuan,"

Sementara itu ketua tim satgas pencegahan dan dan penanganan Covid-19 Sumenep Andre mengatakan, lima orang tersebut pada 14 maret dilakukan tes dan isolasi. Mereka semua dalam kategori orang tanpa gejala. Sementara hasil tes terakhir dari swab hanya empat orang positif.

“Kita lakukan tanggal 14 April dan keluar hasilnya hari ini tanggal 24 April. Statusnya OTG jadi tanpa gejala. Ya seperti ini kita melawan sesuatu yang sifatnya tanpa gejala," ujarnya.

Pemkab Sumenep langsung mengambil kebijakan untuk peningkatan kewaspadaan dan memberlakukan pembatasan kegiatan. Warga Sumenep dilarang keluar di seputaran kota setiap hari Sabtu dan Minggu.


Editor : Nani Suherni