Suguhkan Masakan Khas Papua, Khofifah: Ini Namanya Diplomasi Papeda

Ihya' Ulumuddin ยท Selasa, 20 Agustus 2019 - 23:00 WIB
Suguhkan Masakan Khas Papua, Khofifah: Ini Namanya Diplomasi Papeda
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyuguhkan menu Papeda kepada Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kagoya. (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyuguhkan menu Papeda kepada Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kagoya, Selasa (20/8/2019).

Masakan khas Papua berbahan dasar sagu itu sengaja disajikan untuk memberi penghormatan kepada Lenis dan mahasiswa Papua yang hadir.

“Ini namanya diplomasi Papeda,” kata Khofifah sambil menyodorkan sepiring Papeda, lengkap dengan lauk kepala ikan.

Lenis pun bergembira mendapat sambutan luar biasa itu. Dia bahkan menunjukkan kepada Khofifah cara mengambil dan menyantap Papeda. “Begini caranya ibu. Diputar-putar lalu angkat. Kalau tidak terbiasa susah. Sebab, ini lengket,” katanya.

Ketua Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya Piter Frans Rumaseb mengatakan, di Papua, Papeda biasanya disuguhkan dalam satu nampan dan dimakan bersama-sama dengan anggota keluarga. Tujuannya untuk kebersamaan. Mereka tidak saling lupa, sekalipun berpisah untuk merantau.

“Filosofi itu juga yang ingin kita ambil sore ini. Kita semua warga Papua dan Jawa Timur kembali bersatu sesama saudara. Melupakan perselisihan dan saling memaafkan,” katanya.

Namun, tidak mudah juga bagi staf rumah tangga Pemprov Jatim untuk menyiapkan menu Papeda ini. Selain tidak ada yang menjual, juru masak Pemprov Jatim juga tidak mengerti memasak olahan sagu itu.

“Sempat bingung juga saat ibu (Khofifah) ingin menu Papeda. Sebab, tidak ada yang bisa memasak,” kata salah seorang staf.

Akhirnya, dengan terpaksa, mereka memanggil salah seorang warga Papua di Surabaya untuk membuat menu tersebut. “Kami panggil mereka dan meminta untuk memasak. Alhamdulillah, jadi,” katanya.

Diketahui, Selasa (20/8/2019) petang, Lenis menggelar pertemuan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi untuk menyikapi rusuh Papua. Pertemuan juga dihadiri Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan puluhan pelajar serta mahasiwa Papua.


Editor : Kastolani Marzuki