Solar Lenyap, Nelayan di Probolinggo Tak Melaut

Hana Purwadi ยท Jumat, 22 November 2019 - 18:55 WIB
Solar Lenyap, Nelayan di Probolinggo Tak Melaut
Kapal-kapal nelayan yang tidak dapat digunakan melaut karena kelangkaan solar di Probolinggo, Jatim, Jumat(22/11/2019). (Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id – Ratusan nelayan di Probolinggo, Jawa Timur tak bisa melaut karena kelangkaan solar di beberapa SPBU. Mereka berharap pemerintah segera turun tangan menormalkan suplai solar.

Nelayan di Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo tidak bisa melaut Jumat (22/11/2019) siang. Perahu-perahu mereka ditambatkan di dermaga pelabuhan pendaratan ikan.

Para nelayan ini tak mendapatkan solar yang digunakan sebagai bahan bakar mesin kapal untuk mencari ikan di laut. Kelangkaan ini sudah mereka rasakan dalam tiga hari terakhir.

Salah satu nelayan, Mashudi mengatakan solar benar-benar habis. “Ga bisa kerja mas sudah tiga hari nunggu solar,” katanya, Jumat (22/11/2019).

BACA JUGA: BBM Jenis Solar Langka, Perwakilan Sopir Trailer Mengadu ke DPRD Jatim

Sementara nelayan lain, Basri mengatakan solar tidak ada di semua tempat. "Kalau mau dinaikkan, naikkan saja tapi jangan dipersulit kaya gini,” katanya.

Mereka menyesalkan kelangkaan solar ini karena berdampak pada pendapatan mereka. Bagi mereka, tidak masalah jika memang harga solar naik, asalkan barangnya ada.

Kini para nelayan hanya bisa pasrah menunggu solar kembali hadir di Kota Probolinggo.


Editor : Umaya Khusniah