Sindikat Peretas WA di Banyuwangi Ditangkap, Polisi Amankan Rp1,2 Miliar

Eris Utomo ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 23:16 WIB
Sindikat Peretas WA di Banyuwangi Ditangkap, Polisi Amankan Rp1,2 Miliar
Tiga pelaku sindikat penipuan online modus meretas nomor WA ditangkap Polresta Banyuwangi. (Foto: iNews/Eris Utomo)

BANYUWANGI, iNews.id - Polresta Banyuwangi menangkap tiga dari 17 pelaku sindikat penipuan online dengan modus meretas nomor WhatsApp, Selasa (30/6/2020). Dari aksi kejahatannya itu, ketiga pelaku meraup uang hingga miliaran rupiah.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara mengatakan, penangkapan tiga pelaku sindikat penipuan online modus meretas nomor WA itu dari hasil patroli tim Cyber Crime Polresta Banyuwangi.

“Tiga orang pelaku berhasil ditangkap beserta barang bukti uang Rp1,2 miliar yang disimpan di 250 nomor rekening berbeda serta 30 kartu ATM,” katanya.

Dia mengatakan, sindikat hacker dengan modus penipuan online itu berjumlah 17 orang. Mereka tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. “14 masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO, tiga pelaku lainnya sudah kita tangkap,” ucapnya.

Ketiga pelaku masing-masing berinisial SY, AM, dan AM. Mereka semuanya warga Banyuwangi.

Aksi penipuan dengan sejumlah modus tersebut terungkap setelah polisi menerima laporan dari 16 korban yang mengaku nomor telpon selulernya dengan aplikasi WhastApp-nya telah diretas.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka dijerat Pasal 51 ayat (2) juncto Pasal 36 30 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE dan Pasal 378 dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.


Editor : Kastolani Marzuki