Sepi Pembeli, Harga Sapi Kurban di Tuban Turun hingga Rp1 Juta

Pipiet Wibawanto ยท Senin, 06 Juli 2020 - 19:25 WIB
Sepi Pembeli, Harga Sapi Kurban di Tuban Turun hingga Rp1 Juta
Ribuan sapi di pasar hewan Tuban, Jatim. (Foro: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.idHarga sapi di Tuban, Jawa Timur (Jatim) menjelang Hari Raya Kurban justru turun hingga mencapai Rp1 juta. Persediaan sapi melimpah dan sepinya pembeli ditengarai menjadi penyebab turunnya harga.

Seperti terpantau di pasar sapi Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban Senin (6/7/2020) pagi. Sepinya pembeli sapi di Tuban diduga akibat pandemi Covid-19.

Ratusan pedagang sapi yang berjubel di pasar ini, tak diimbangi dengan banyaknya pembeli. Padahal sapi yang mereka jual kebanyakan jenis lokal berkualitas yang biasa digunakan sebagai hewan kurban.

Salah satu pedagang sapi, Arul mengaku kondisi ini sudah berlangsung sejak dua minggu terakhir. Harga sapi saat ini turun dan dipatok sekitar Rp20 juta hingga Rp22 juta. Padahal normalnya, harga sapi jelang Hari Raya Kurban berkisar Rp23juta.

“Harga sapi turun, karena sepi pembeli. Kondisi ini akibat Covid-19,” katanya.

Diduga, para pembeli lebih suka membeli sapi langsung dari peternak. Akibatnya penjual banyak yang merugi lantaran sudah mengeluarkan biaya perawatan sapi.

Sementara itu, data petugas di pasar hewan Tuban, jumlah sapi yang masuk turun drastis dibanding tahun lalu. Biasanya setiap hari ada sekitar 1.800 ekor, kini hanya berkisar 800 – 1.000 ekor sapi.

Penjualan sapi juga terdata turun drastis. Biasanya, sapi terjual 200-300 ekor per hari, kini maksimal hanya terjual 50-100.

“Akibatnya harga sapi di pasar merosot jauh,” katanya.

Diperkirakan, lonjakan harga maupun permintaan sapi baru akan mencapai puncaknya sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha.


Editor : Umaya Khusniah