Sarang Tawon Vespa 1,5 Meter di Ponorogo Dimusnahkan Petugas Pemadam Kebakaran

Ahmad Subekhi ยท Sabtu, 18 Januari 2020 - 02:00 WIB
Sarang Tawon Vespa 1,5 Meter di Ponorogo Dimusnahkan Petugas Pemadam Kebakaran
Petugas pemadam kebakaran di Ponorogo, Jatim, menyemprotkan cairan deterjen ke arah sarang tawon affinis, (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.id – Sarang tawon vespa ukuran jumbo di Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) dimusnahkan petugas pemadam kebakaran. Lokasinya yang berada di atap rumah dan ukurannya yang besar membuat petugas sempat kesulitan memusnahkan tawon-tawon tersebut.

Warga di Jalan Jagadan, Ponorogo, resah akibat adanya sarang tawon vespa ukuran 1,5 meter di atap rumah seorang warga. Maka dari itu, warga melapor ke petugas pemadam kebakaran agar sarang beserta ribuan tawon dapat dimusnahkan.

Petugas yang menerima laporan lantas mendatangi lokasi. Untuk membunuh ribuan tawon tersebut, petugas menyemprotkan cairan deterjen ke arah sarang. Tak lama kemudian ribuan tawon mati.

Pemilik rumah, Suprapto mengatakan dirinya khawatir tawon-tawon tersebut menyengat warga. Mengingat sengatan tawon ini dapat menyebabkan kematian.

BACA JUGA: Pasutri di Boyolali Disengat Tawon Vespa Affinis saat Mencari Rumput di Kebun

“Ga tahu awalnya ada sarang tawon, tahu-tahu sudah besar,” katanya, Jumat (17/1/2020).

Menurut salah satu petugas pemadam kebakaran, Sudarsono, proses pemusnahan sarang tawon ini memakan waktu yang cukup lama lantaran lokasinya yang sulit dijangkau dan ukuran sarang yang besar.

“Ukuran sarang besar berdiameter 1,5 meter, kesulitanya karena lokasi ada di atap rumah, di bawag genteng,” katanya.

Usai kejadian, warga bersama-sama membersihkan ribuan bangkai tawon. Petugas pemadam kebakaran mengimbau agar warga segera melapor jika menemukan sarang tawon vespa. Hal ini untuk agar petugas bisa mengevakuasi lebih awal sebelum ada korban akibat serangan tawon.


Editor : Umaya Khusniah