SURABAYA, iNews.id – Gelaran Festival Pesona Lokal (FPL) Adira Finance 2019 di Kota Surabaya berlangsung meriah, Sabtu (14/9/2019). Ribuan masyarakat hadir untuk melihat dari dekat acara yang menampilkan kebudayaan dari berbagai daerah, serta menikmati sajian kuliner khas Jawa Timur (Jatim).
Pantauan iNews.id, acara FPL Ini dibuka pukul 15.00 WIB. Namun sejak siang hari, warga sudah berdatangan dan tampak antusias. Banyaknya pengunjung bahkan membuat venue acara penuh.
Ribuan Warga Medan Antusias Hadiri Festival Pesona Lokal di Lapangan Merdeka
Dalam acara bertema 'Rasakan Sensasi Pesona Lokal' Adira Finance sebagai penyelenggara memang mengemasnya dengan penuh kemeriahan. Selain parade budaya dari berbagai daerah, konsep acara juga menampilkan pertunjukan musik, salah satunya menghadirkan pedangdut Dewi Persik.
Direktur Keuangan Adira Finance I Dewa Made Susila mengatakan, FPL ini diselenggarakan sebagai rangkaian acara HUT ke-29 Adira Finance. Selain Surabaya, kegiatan yang sama juga akan digelar di 6 kota lainnya, seperti di Medan, Bali, Bandung, Makassar, Yogyakarta dan Jakarta.
Acara festival diawali dengan Parade Karnaval Budaya yang diikuti lebih dari 400 peserta. Mereka menampilkan beragam atraksi kekayaan budaya Jatim. Mulai dari baju adat, musik tradisional hingga pertunjukan kesenian khas. Karnaval ini berjalan mengelilingi Parkir Timur Plaza Surabaya. Mereka dilepas oleh Wakil Gubernur Jatim Elestianto Dardak.
Selain parade karnaval budaya, FPL tahun ini mengadakan lomba tari lokal kontemporer. Acara ini diikuti sebanyak 100 peserta. Tidak ketinggalan akan ada berbagai permainan lokal. Puncak acara dari kegiatan ini yakni penampilan Heavy Monster dan Dewi Persik.
“Festival Pesona Lokal ini bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal Kota Surabaya dan daerah lain di Jatim,” katanya.
Kegiatan yang menggandeng stasiun televisi RCTI ini juga didukung penuh oleh MUFG Bank, PT Visionet Internasional (OVO), PT Pitoe Sarana Informatika, PT Astra Honda Motor, Coca Cola Amatil Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Asuransi Sinar Mas, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Asuransi Raksa Pratikara, PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), Comforta, Bank Danamon Indonesia, Telkom, Artajasa dan Alibaba.
"Untuk kegiatan ini, Adira Finance juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta," ujarnya.
Dengan mengangkat tema 'Sensasi Lokal Kotaku' Adira Finance mengajak para peserta mengunggah hasil karya foto di platform Instagram atau video di Youtube. Kontennya menceritakan tentang potensi lokal suatu destinasi atau daerah di Indonesia, termasuk keindahan alam, tempat wisata menarik, kuliner, tradisi lokal, kultur budaya, tempat hang out yang sedang populer, serta kerajinan dan oleh-oleh.
"Dengan dukungan pihak pemerintah dan masyarakat, saya harap kegiatan ini dapat menjadi salah satu atraksi ikonik Kota Surabaya yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara," ucap Kepala Wilayah Area Jatim Adira Finance Sugeng Hariadi.
Editor: Donald Karouw
 
                     
                                     
                                     
                                     
                                     
                                     
                                     
                     
                                 
                                 
                                 
                                 
                                 
                                
 
             
                 
                         
                         
             
     Ihya Ulumuddin
Ihya Ulumuddin