Ribuan Petambak di Lamongan Demo di Depan Kantor Bupati dan DPRD akibat Kelangkaan Pupuk

Abdul Wakhid ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 19:00 WIB
Ribuan Petambak di Lamongan Demo di Depan Kantor Bupati dan DPRD akibat Kelangkaan Pupuk
Ribuan petambak di Lamongan demo akibat kelangkaan pupuk subsidi. (Foto: iNews/Abdul Wakhid)

LAMONGAN, iNews.id – Ribuan petambak di Lamongan, Jawa Timur (Jatim) berdemo di depan kantor DPRD dan Pemerintah Kabupaten Lamongan karena kelangkaan pupuk. Demo ini sempat ricuh karena peserta aksi berusaha merangsek masuk ke dalam kantor bupati.

Sebanyak 2.000 petambak unjuk rasa ini memulai aksi dengan diawali dengan long march dari gedung olahraga menuju gedung DPRD Kabupaten Lamongan. Dengan membawa poster, spanduk dan pengeras suara, ribuan massa ini menyampaikan keresahan akibat kelangkaan pupuk saat musim tanam ikan.

Ketiadaan pupuk subsidi untuk petambak ini menyusul adanya Permentan no 1 tahun 2020 tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian tahun anggaran 2020. Padahal saat ini para petambak di Lamongan membutuhkan pupuk untuk mengawali masa tanam.

Aksi demo sempat memanas saat perwakilan massa meminta bertemu dengan Bupati Lamongan, Fadeli. Massa terlibat aksi dorong dengan polisi yang berjaga di pintu gerbang kantor bupati.

Salah satu petani, Yusuf mengatakan petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. “Petambak dianggap anak haram menggunakan pupuk subsidi,” katanya.

Setelah didesak, Bupati Lamongan dan Ketua DPRD Lamongan bersedia menemui ribuan massa. Di hadapan petambak, bupati berjanji akan mengusahakan apa yang menjadi tuntutan.

Demikian pula, Ketua DPRD Lamongan, Ghofur. Dia berjanji akan mengawal apa yang menjadi tuntutan para petambak di Lamongan. Usai menyampaikan tuntutan kepada bupati dan wakil rakyat, ribuan massa ini lantas membubarkan diri.


Editor : Umaya Khusniah