Relawan di Pamekasan Dirikan Lumbung Pangan Bantu Warga Terdampak Corona

Antara ยท Rabu, 22 April 2020 - 22:40:00 WIB
Relawan di Pamekasan Dirikan Lumbung Pangan Bantu Warga Terdampak Corona
Ilustrasi bahan pangan. (Foto: Istimewa)

PAMEKASAN, iNews.id - Relawan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur (Jatim) membuat lumbung pangan. Langkah ini ditempuh sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan dalam menghadapi pandemi corona atau Covid-19.

Ketua Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan, Budi Cahyono mengatakan pandemi corona yang terjadi saat ini telah menyebabkan banyak warga tidak bisa beraktivitas dan bekerja mencari nafkah. Awalnya lumbung pangan yang didirikan para relawan penanggulangan bencana untuk membantu kebutuhan pangan para relawan dan keluarga yang ditinggalnya karena membantu penanganan Covid-19.

“Namun, dalam perkembangannya, lumbung pangan yang dibuat FRPB itu juga memfasilitasi bantuan pada masyarakat miskin di wilayah itu,” katanya, Selasa (21/4/2020).

Budi menambahkan, bahan pangan ini diantarkan secara langsung kepada yang bersangkutan. Sehingga tim melihat kondisi langsung di lapangan.

Lumbung pangan yang didirikan kelompok relawan ini meluas, dari hanya untuk keluarga nelayan ke masyarakat luas. Hal ini juga karena sumbangan dari masyarakat jumlahnya banyak.

"Jadi, lumbung pangan ini murni merupakan bantuan dari masyarakat," kata Budi.

Sebelumnya, FRPB merupakan salah satu kelompok relawan dan proaktif membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana. Pada bencana alam non-fisik ini, FRPB aktif melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah desa bersama para relawan lainnya.

Editor : Umaya Khusniah