Putus Penyebaran Covid-19, Polda Jatim Bagikan 2 Juta Masker secara Massal

Ihya Ulumuddin ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 10:29 WIB
Putus Penyebaran Covid-19, Polda Jatim Bagikan 2 Juta Masker secara Massal
Kapolda Jatim, Irjen Pol Fadil Imron membagikan masker di Pasar Tembok Dukuh Surabaya, Minggu (28/6/2020). (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Polda Jawa Timur (Jatim) membagikan 2 juta masker bagi masyarakat Jatim, khususnya wilayah Surabaya Raya. Pembagian masker ini sebagai bentuk kampanye pencegahan penuralan Covid-19.

Pembagian masker ini diawali oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imron di kawasan Taman Bungkul, Pasar Tembok Dukuh, dan Terminal Purabaya Bungurasih, Minggu (28/6/2020), dan diikuti oleh seluruh polres jajaran di seluruh Jatim.

Sejumlah pejabat utama Polda Jatim ikut mendampingi, di antaranya Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, serta para petinggi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkpimda) Jatim.

“Hari ini secara massal kita bagikan 2 juta masker kepada masyarakat di Jatim ,” kata Fadil di sela-sela pembagian, Minggu (28/67/2020).

Fadil mengatakan, wilayah Surabaya Raya menjadi perhatian serius. Sebab, angka Covid-19 di wilayah yang meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik cukup tinggi, melebihi kabupaten/kota di Jatim lainnya.

Karena itu, Fadil mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari rajin cuci tangan, mengenakan masker saat keluar, serta menjaga jarak. “Ini penting dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Untuk masker, kalau bisa, satu orang minimal punya dua atau tiga mesker untuk bergantian,” ujarnya.

Diketahui, tingkat kesadaran masyarakat Jatim terhadap penggunaan masker masih relatif rendah. Berdasarkan data Tim Covid-19 Jatim, jumlah warga Jatim yang belum memakai masker masih mencapai 70 persen.

Fakta ini pula yang menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Jatim beberapa hari lalu. Bahkan, Jokowi juga langsung memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan untuk mengirimkan bantuan masker ke Jatim, khusus Surabaya.


Editor : Ihya Ulumuddin