Puluhan Mantan Napi Teroris Upacara HUT Kemerdekaan RI di Kampung Halaman Amrozi

Ihya Ulumuddin, Abdul Wakhid ยท Sabtu, 17 Agustus 2019 - 15:46:00 WIB
Puluhan Mantan Napi Teroris Upacara HUT Kemerdekaan RI di Kampung Halaman Amrozi
Puluhan mantan napiter dan kombatan mengikuti upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Desa Tenggulun, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jatim, Sabtu (17/8/2019) (Foto: iNews/Abdul Wakhid)

LAMONGAN, iNews.id – Puluhan mantan narapidana (napi) teroris menggelar upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2019). Upacara disertai dengan membacakan ikrar sumpah setia kepada NKRI digelar di halaman Yayasan “Lingkar Pedamaian”, Desa Tenggulun, kampung halaman mantan teroris Amrozi.

Para mantan napiter dan mantan kombatan ini tidak datang sendiri. Mereka mengajak serta anak, istri dan keluarga. Mereka juga datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Bukan sekadar menjadi peserta, beberapa di antara mereka juga terlibat sebagai petugas upacara. Sementara yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung.

Ketua Yayasan Lingkar Perdamaian Ali Fauzi mengatakan, upacara HUT ke-74 RI ini ketiga kalinya digelar oleh mantan napi teroris. Itu setelah 85 eks napiter tersebut kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

“Kami bersyukur. Apresiasi setinggi-setingginya kami berikan kepada mantan napiter dan kombatan yang telah melalui proses afirmasi diri untuk kembali cinta NKRI bersama keluarga,” kata adik kandung mantan terpidana mati bom Bali, Amrozi ini.

Ali bahkan mengaku hatinya bergetar saat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI pada upacara tadi. Semua itu karena perasaan bangganya terhadap para mantan napi dan kombatan. “Selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI, momen ini sekaligus sebagai upaya memutus tali rantai terorisme, khususnya di Indonesia,” katanya.


Puluhan mantan napiter dan kombatan mengikuti upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Desa Tenggulun, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jatim, Sabtu (17/8/2019) (Foto: iNews/Abdul Wakhid)

Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, upacara HUT RI yang diikuti para mantan napiter ini merupakan bentuk semangat dalam menyuarakan cinta tanah air. “Mereka semua (mantan napiter) telah kembali dan mencintai tanah airnya. Ini harus diapresiasi,” katanya.

Sebagai ungkapan bangga, seusai upacara Feby juga menyalami para mantan napiter satu persatu. Momen mengharukan pun terjadi. Itu setelah seorang mantan napiter menangis begitu mendapatkan pelukan selamat dari kapolres.

Seusai upacara, seluruh mantan napiter dan mantan kombatan dari berbagai daerah di Indonesia ini lantas membentuk barisan. Mereka mengikrarkar diri cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Editor : Maria Christina