Puluhan Hiu Tutul Muncul di Laut Jawa Pasuruan, Warga Diminta Tak Ganggu dan Menangkap

Jaka Samudra ยท Senin, 08 Juni 2020 - 09:42:00 WIB
Puluhan Hiu Tutul Muncul di Laut Jawa Pasuruan, Warga Diminta Tak Ganggu dan Menangkap
Hiu tutul yang terlihat di Pantai Utara Jawa, di Pasuruan, Jatim. (Foto: iNews/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.id - Puluhan hiu tutul muncul di perairan Laut Jawa di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) Minggu (7/6/2020) siang. Ikan-ikan berukuran besar ini bermigrasi dari Benua Australia ke Laut Jawa untuk mencari makanan berupa ikan-ikan kecil.

Polisi laut mengimbau kepada nelayan dan masyarakat agar tidak menganggu apalagi menangkap hewan-hewan ini. Mamalia ini termasuk satwa langka yang dilindungi negara.

Keberadaan hewan mamalia ini sudah terlihat sejak satu pekan lalu. Jumlahnya diperkirakan antara 40-50 ekor.

Panjang hewan rata-rata mencapai enam meter. Sayangnya ada satu ekor hiu yang terlihat terluka akibat terkena baling-baling perahu.

Pol Air Polres Pasuruan, Aipda Laswanto mengatakan, setiap tahun, hiu tutul berada di Laut Jawa karena tengah bermigrasi. Biasanya akan kembali ke Benua Australia pada bulan Agustus sampai Desember nanti.

“Kemunculan hiu tutul ini ada di waktu tertentu saja karena mencari makan ikan kecil. Kami imbau warga tidak menangkap karena hewan ini langka dan dilindungi,” katanya, Minggu (7/6/2020).

Meski begitu, aparat Polres Pasuruan terus berpatroli untuk memantau keberadaan ikan besar tersebut. Ini untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan dari orang tidak bertanggung jawab.


Editor : Umaya Khusniah