Puluhan Emak-Emak di Mojokerto Adang Truk Sampah Masuk TPA, Protes Bau Tak Sedap

Sholahudin ยท Minggu, 24 Januari 2021 - 11:57:00 WIB
Puluhan Emak-Emak di Mojokerto Adang Truk Sampah Masuk TPA, Protes Bau Tak Sedap
Aksi puluhan emak-emak di Desa Karangdieng, Kabupaten Mojokerto mengadang masuk truk sampah. (iNews.id/Sholahudin)

MOJOKERTO, iNews.id - Puluhan warga yang didominasi emak-emak di Desa Karangdieng, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur mengadang belasan truk pengangkut sampah yang akan masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Mereka memrotes bau tak sedap yang disebabkan aktivitas pembuangan sampah di TPA yang baru dua bulan beroperasi.

Aksi protes warga itu dilakukan dengan memblokade jalan masuk ke TPA yang melintasi desa mereka. Para warga duduk di tengah jalan sehingga puluhan truk pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Mojokerto tak bisa melintas.

Selain memrotes bau tak sedap akibat aktivitas pembuangan sampah di TPA tersebut, warga juga merasa tak dilibatkan dalam aktvitas pembangunan TPA tersebut. Warga merasa terkena dampaknya ta

"Warga menolak karena pada awal pembangunan tidak ada sosialisasi dan tidak ada pemberitahuan ke warga," ujar Mukhlason, perwakilan warga, Minggu (24/1/2021).

Menanggapi aksi penolakan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Mojokerto Didik Khusnul Yakin mengatakan akan menampung keluhan warga tersebut. Dia memastikan aktivitas TPA tidak menganggu permukiman warga. 

Dia mengatakan Pemkab Mojokerto berencana membangun wisata edukasi dan daur ulang sampah dengan warga desa setempat.

"Kita punya cara bagaimana supaya sampah diolah tidak dekat dengan mereka," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto