Positif Covid-19, Puluhan Calon Penumpang di Bandara Juanda Gagal Terbang

Bambang Pramono ยท Jumat, 02 April 2021 - 16:25:00 WIB
Positif Covid-19, Puluhan Calon Penumpang di Bandara Juanda Gagal Terbang
Ratusan calon penumpang pesawat antre menjalani tes GeNose C19 di Bandara Juanda Sidoarjo, Jumat (2/4/2021). (Foto: MNC Portal/Bambang Pramono)

SIDOARJO, iNews.id – Puluhan calon penumpang pesawat yang akan menikmati libur Paskah 2021 di Bandara Juanda Sidoarajo, Jatim gagal terbang akibat positif Covid-19. Mereka diketahui positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan tes GeNose C19. 

“Ada 54 yang positif dari hasil tes GeNose,” ucap Penanggung Jawab Uji GeNose Bandara Juanda, Wukir, Jumat (2/4/2021).

Setelah dinyatakan positif Covid-19 melalui GeNose, puluhan calon penumpang pesawat tersebut diarahkan untuk melakukan tes swab dan isolasi mandiri. Sedangkan tiket pesawat akan di jadwal ulang atau re-schedule.

“Ya, kita arahkan untuk swab dan isolasi diri,” ucap Wukir.

Sedangkan untuk tiket pesawat milik para penumpang itu, petugas bandara mengarahkan untuk menjadwal ulang atau re-schedule ke pihak maskapai.

Wukir mengatakan, tingginya calon penumpang pesawat yang diketahui positif Covid-19 melalui pemeriksaan GeNose diduga dipengaruhi oleh alat tes Covid-19 di bandara yang memiliki tingkat sensifitas tinggi. 

“Alat GeNose ini bisa mendeteksi tubuh lebih tajam terkait penyebaran virus Covid-19,” kata Wukir.

Tes GeNose yang disediakan pengelola Bandara Juanda rupanya diminati para calon penumpang pesawat. Hal itu dibuktikan dari banyaknya antrean untuk mengikuti tes GeNose.

Selain lebih murah, tes Covid-19 melalui GeNose juga membutuhkan waktu singkat dan hasilnya bisa cepat diketahui. Sehingga, tidak mengganggu jadwal para calon penumpang.

Editor : Kastolani Marzuki