Polisi di Bondowoso Temukan Ratusan Pohon Rawan Tumbang, Puluhan di Antaranya Keropos

Riski Amirul Ahmad ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 14:44 WIB
Polisi di Bondowoso Temukan Ratusan Pohon Rawan Tumbang, Puluhan di Antaranya Keropos
Salah satu polisi tengah memeriksa pohon di Bondowoso, Jatim. (Foto: iNews/Riski Amirul Ahmad)

BONDOWOSO, iNews.id - Petugas Satlantas Polres Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) menemukan ratusan pohon rawan tumbang di Jalur Arak-Arak dan Jalur Dalam Kota saat patroli keselamatan jalan. Pohon-pohon ini menjulang tinggi dan puluhan di antaranya sudah keropos di bagian batang sehingga mudah roboh jika tertiup angin kencang.

Puncak musim penghujan dengan cuaca ekstrem, Satlantas Polres Bondowoso memeriksa pohon-pohon besar di pinggir jalan, Senin (13/1/2020). Aksi ini dilakukan sebagai langkah antisipatif untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa.

Petugas melakukan patroli keselamatan jalan dengan memeriksa sejumlah pohon yang rawan tumbang dan patah di sejumlah jalur padat pengendara. Patroli ini mengikutsertakan pihak dinas terkait agar penanganannya lebih cepat.

Hasilnya, petugas mendapatkan data sejumlah pohon rawan tumbang di beberapa titik, khususnya di Jalur Provinsi Bondowoso menuju Surabaya via Hutan Arak-Arak. Nantinya pohon tersebut akan ditebang atau dirempes agar aman bagi pengendara yang melintas.

BACA JUGA: Hati-hati, Ada 22 Lokasi di Palembang Rawan Pohon Tumbang

KBO Satlantas Polres Bondowoso, Iptu Martono mengatakan dari pemeriksaan ini, ada 25 pohon yang rapuh dimakan usia, ranting dan dahan yang mudah patah karena kering, serta 600 pohon tinggi yang akarnya sudah naik ke permukaan di jalanan kota.

“Pohon-pohon ini rawan menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Selain pohon rawan tumbang, polisi juga menemukan beberapa titik aspal jalan yang retak di sekitar tebing curam. Nantinya diharapkan agar secepatnya bisa ditambal sulam oleh dinas terkait.


Editor : Umaya Khusniah