Polda Jatim Terapkan Langkah Humanis Tangani Kasus Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19

Rahmat Ilyasan ยท Kamis, 11 Juni 2020 - 13:00 WIB
Polda Jatim Terapkan Langkah Humanis Tangani Kasus Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudho Wisnu Andiko. (Foto: iNews/Rahmat Ilyasan)

SURABAYA, iNews.id - Polda Jawa Timur (Jatim) akan melakukan penegakan hukum secara humanis dan solutif dalam menangani kasus pengambilan paksa jenazah Covid-19 di RS Paru Surabaya. Polda Jatim memerintahkan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk gencar melakukan edukasi terkait bahaya Covid-19 berikut penularannya dan pemulasaraan jenazah kepada masyarakat.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudho Wisnu Andiko mengatakan, selain mengedukasi masyarakat, melalui tim Covid Hunter juga telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Tim Kuratif Gugus Tugas Provinsi Jatim untuk melakukan tracing, testing dan treatmen. Ini untuk mencegah terjadinya klaster Covid-19 baru.

"Melihat aspek yuridis dan sosiologis, penegakan hukum tetap akan dilakukan secara humanis dan solutif. Tujuannya tidak menimbulkan resistensi di tengah masyarakat," katanya, Rabu (10/6/2020).,

Trunoyudho juga mengatakan saat ini merupakan masa transisi menuju new normal, maka ada beberapa hal yang harus dikuatkan. Maka harus ditarik dulu ke hulu, yakni gencar memberikan edukasi kepada masyarakat terkait segala sesuatu tentang Covid-19.

Selain itu, polisi juga akan melakukan langkah preventif atau pengawalan. Misal dari rumah sakit rujukan menuju tempat tujuan.


Editor : Umaya Khusniah