Pohon di Ponorogo Tumbang Diterjang Angin Kencang dan Menimpa Sebuah Rumah

Ahmad Subekhi ยท Jumat, 07 Februari 2020 - 12:04 WIB
Pohon di Ponorogo Tumbang Diterjang Angin Kencang dan Menimpa Sebuah Rumah
Kondisi rumah Ponijem di Ponorogo, Jatim yang hancur tertimpa pohon tumbang. (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.id – Sebuah rumah di Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) rusak tertimpa pohon yang tumbang tertiup angin kencang saat hujan deras, Kamis (6/2/2020). Akibatnya, penghuni rumah terpaksa mengungsi ke rumah saudara yang lebih aman.

Usai peristiwa ini, sejumlah warga Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Ponorogo bergotong-royong membersihkan puing bangunan yang roboh milik Ponijem, Jumat pagi. Genteng rumah yang pecah berserakan serta beberapa dinding juga roboh dibersihkan warga.

Beberapa bagian yang masih bisa dipergunakan, kembali diperbaiki. Sementara beberapa bagian yang sudah rusak parah rencananya akan dirobohkan dan dibangun ulang.

Ponijem dan keluarga saat ini mengungsi ke rumah saudara yang lebih aman. “Saya mengungsi ke rumah saudara yang ada di depan rumah,” kata Ponijem.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resmi @infoBMKG pada Jumat (7/2/2020) sekitar pukul 11.40 WIB mengatakan, di Jatim masih berpotensi hujan sedang hingga lebat. Kilat atau petir dan angin kencang juga diperkirakan akan menyertai hujan tersebut.

Hujan akan mengguyur beberapa wilayah seperti Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan; Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang; Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Kecamatan Pogalan dan Durenan, Kabupaten Trenggalek.

Hujan ini juga dapat diprediksi meluas hingga ke wilayah Kecamatan Sangkapura dan Tambak, Kabupaten Gresik; Kecamatan Gapura, Kalianget, Talango, Manding, Batu Putih, Dasuk, Sumenep, Dungkek, Batang Batang, Nonggunong, Gayam, Raas, Gili Genteng di Kabupaten Sumenep; Kecamatan Kendal, Sine, Jogorogo, Ngrambe, Kabupaten Ngawi; Kecamatan Poncol, Parang, Magetan, Panekan, Sukomoro, Kawedanan Kbaupaten Magetan; Kecamatan Sawahan, Ngetos, Loceret, Berbek Kabupaten Nganjuk.

Sementara di Kabupaten Probolinggo, hujan diprediksi mengguyur Kecamatan Sukapura, Sumber dan Kuripan. Di Kabupaten Banyuwangi, hujan mengguyur Kecamatan Giri, Wongsorejo, Genteng, Songgon, Glagah, Singojuruh, Kabat, Banyuwangi.

Di Kabupaten Lumajang, hujan diprediksi terjadi di Kecamatan Guci Alit, Klakah, Ranuyoso, Sukodono, Lumajang, Tempeh, Candi Puro dan Pasirian. Di Kota Kediri, hujan diperkirakan akan mengguyus semua kecamatan yang ada.

Hujan juga diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Tulungagung seperti di Kecamatan Sendang, Kauman, Gondang, Pakel, Boyolangu, Tulungagung, Kedungwaru, Karangrejo, Ngantru, Sumbergempol, Kalidawir, Besuki, Bandung, Tanggunggunung, Campurdarat, Ngunut, Rejotangan dan Pucanglaban. Di Kabupaten Trenggalek, hujan diperkirakan akan terjadi di Kecamatan Watulimo, Kampak, Gandusari, Trenggalek, Bendungan, Karangan.

Sedangkan di Kabupaten Ponorogo, hujan diprediksi terjadi di Kecamatan Sampung. Untuk Kabupaten Kediri, hujan diperkirakan mengguyur Kecamatan Mojo, Grogol, Semen, Ngadiluwih dan Kras.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 14:00 WIB.


Editor : Umaya Khusniah