Pohon dan Tiang Listrik Tumbang Timpa Mobil di Surabaya akibat Hujan Deras

Ihya Ulumuddin, Yudha Prawira, Antara ยท Senin, 06 Januari 2020 - 17:51 WIB
Pohon dan Tiang Listrik Tumbang Timpa Mobil di Surabaya akibat Hujan Deras
Petugas gabungan mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa mobil di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Senin (6/1/2020). (Foto: iNews/Yudha Prawira)

SURABAYA, iNews.id - Puluhan pohon dan tiang listrik tumbang saat hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (6/1/2020) sore.

Peristiwa itu juga mengakibatkan mobil taksi online Daihatsu Agya ringsek akibat tertimpa pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu. “Ada mobil yang tertimpa pohon di dekat Hotel Sahid," ujar warga Surabaya, Teguh Prihandoko.

Selain tiang listrik roboh, tambah dia sejumlah pohon juga bertumbangan di sejumlah jalan protokol Kota Surabaya seperti di Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Darmo, Jalan Embong Malang, Jalan Kertajaya dan lainnya.

“Tadi saat saya lewat Jalan Darmo tepatnya depan gedung Wismilak ada tiang listrik tumbang," katanya.

Hal sama juga dikatakan salah satu pegawai negeri sipil (PNS) di Surabaya, Zakiyah. Dia mengatakan banyak pohon bertumbangan di kawasan Jalan Indrapura.

"Tadi saya lihat juga banyak pohon tumbang di Jalan Indrapura. Ada sejumlah mobil juga tertimpa pohon," ucapnya.

BACA JUGA:

Hujan Disertai Angin Terjang Surabaya-Sidoarjo, Pohon Tumbang dan Bangunan Rusak

Diterpa Angin Puting Beliung, 2 Pohon di Sidoarjo Tumbang Bersamaan dan Menimpa Mobil

 

Sopir mobil, Ardi Setyawan mengatakan, saat itu mobil sengaja dikendarai pelan karena kondisi hujan lebat dan angin sangat kencang. “Saya pelan bawa mobilnya. Tiba-tiba pohon yang berada di trotoar roboh dan mengenai atap serta kaca depan mobil,” kata warga Rungkut, Surabaya ini.

Ardi bersama penumpangnya berhasil menyelamatkan diri dengan keluar dari dalam mobil. Mereka hanya syok atas kejadian itu. “Cuma syok saja. Kalau mobil rusak di bagian atap,” ucapnya.

Saat kejadian, arus lalu lintas di Jalan Raya Gubeng macet total. Untuk memperlancar lalu lintas, petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran, Linmas dan Satpol Pamong Praja Kota Surabaya yang mendapat laporan langsung mendatangi lokasi kejadian dan memotong badan pohon yang menimpa mobil. Setelah berhasil dibersihkan, mobil dengan nopol L 1193 IC dievakuasi ke badan jalan.

Diketahui hujan deras disertai angin kencang di Surabaya sudah terjadi dua hari ini. Badan Penangggulangan Bencana (BPP) di BPB Linmas Surabaya menyebut setidaknya ada 69 pohon tumbang dalam rentang 3 sampai 3,5 jam, Minggu (5/12/2020).

BPB menyebutkan jarak antara pohon satu dengan pohon lainnya yang tumbang banyak yang hampir bersamaan. Rata-rata antara pukul 15.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya, M Fikser yang mendampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan wali kota langsung ke lokasi bencana usai keliling mengecek rumah pompa.

Rute pertama yang didatangi Jalan HR Muhammad. Di jalan ini Risma meminta kepada petugas DKRTH untuk segera mengevakuasi pohon tumbang agar tidak mengganggu jalan. Setelah itu Risma bergeser ke Penjaringansari. “Bu Risma ikut membersihkan pohon-pohon yang tumbang,” kata Fikser.


Editor : Kastolani Marzuki