Petani Menjerit, Ratusan Hektare Tanaman Padi di Gresik Rusak Diserang Hama Wereng

Agus Ismanto ยท Jumat, 28 Agustus 2020 - 12:15:00 WIB
Petani Menjerit, Ratusan Hektare Tanaman Padi di Gresik Rusak Diserang Hama Wereng
Tanaman padi di Gresik rusak akibat hama wereng. (Foto: iNews/Agus Ismanto)

GRESIK, iNews.id – Ratusan hektare tanaman padi di Gresik, Jawa Timur (Jatim) diserang hama wereng hingga gagal panen. Untuk menghindari kerugian yang lebih besar, petani terpaksa memanen padi lebih awal yakni umur 75 hari.

Tanaman padi yang diserbu hawa wereng ini terjadi di Kecamatan Cerme, Benjeng dan Duduk Sampean, Kabupaten Gresik. Seperti di Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, tanaman padi petani yang sudah masuk bulan ketiga tiba-tiba kering dan mati. Selain itu, batang padi juga membusuk.

Salah satu petani, Mukhlis mengatakan serangan hama wereng ini tergolong cepat yakni dalam hitungan hari. Petani juga sudah melakukan pengendalian dengan memberikan obat hama dan cairan disinfektan.

“Upaya kami gagal karena buah padi terlanjur rusak dan kering. Serangan wereng sangat cepat,” katanya, Kamis (27/8/2020).

Dia mengatakan, pada kondisi normal, petani bisa mendapatkan 10 ton padi per hektare. Namun kini petani hanya mendapatkan hasil lima ton per hektare.

Selain hama wereng, petani juga menghadapi persoalan serangan hama tikus. Serangan ini semakin memperparah kerusakan tanaman padi.

Sementara Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Gresik, Muhammad Nur Syafei mengatakan, serangan hama wereng terjadi akibat petani tidak maksimal merawat tanaman padinya. Pihaknya telah berulang kali memberikan sosialisasi agar petani lebih serius merawat dan memberikan obat untuk antisipasi hama.

“Kami sudah berkali-kali sosialisasi agar petani memberikan obat untuk antisipasi hama padi,” katanya.

Editor : Umaya Khusniah