Pesawat Latih yang Mendarat Darurat di Tambak Warga Sidoarjo Berhasil Dievakuasi

Yoyok Agusta ยท Rabu, 05 Februari 2020 - 07:13 WIB
Pesawat Latih yang Mendarat Darurat di Tambak Warga Sidoarjo Berhasil Dievakuasi
Proses evakuasi pesawat latih yang mendarat darurat di tambak warga Sidoarjo, Jatim. (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

SIDOARJO, iNews.id – Proses evakuasi pesawat latih jenis Tobago t-2405 yang mendarat di tambak warga di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) selesai dilakukan Selasa (4/2/2020). Petugas membutuhkan waktu hingga delapan jam untuk dapat membawa pesawat ke markas Puspenerbal.

Komandan Puspenerbal Juanda, Laksamana Pertama TNI Edwin mengatakan tidak mengalami kendala yang berarti dalam proses evakuasi ini. Ada sekitar 30 personel diterjunkan untuk membantu proses evakuasi.

“Tidak ada kendala, berkat kerja sama tim sehinga proses evakuasi berjalan lancar,” katanya, Selasa (5/2/2020).

Edwin mengatakan, proses evakuasi dilakukan dengan cara memotong perbagian. Bagian-bagian pesawat ini langsung dibawa ke Markas Puspenerbal Juanda untuk diperiksa lebih lanjut guna mencari penyebab mesin pesawat mati.

Sebenarnya, pesawat sudah dapat di pinggirkan ke daratan kering pada Selasa siang sekitar pukul 11.00 WIB. Namun baru bisa di angkut menuju Markas Pusnerbal Juanda pada Selasa malam.

Bagian-bagian pesawat seperti mesin utama, sayap, roda dan sebagainya dibawa menuju markas menggunakan truk.

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab matinya mesin pesawat. Sementara instruktur beserta siswa hanya mengalami luka ringan setelah dilakukan observasi oleh tim medis.


Editor : Umaya Khusniah