Perawat di Jatim Meninggal akibat Covid-19, Jumlah Total 26 Orang

Yudha Prawira ยท Kamis, 17 September 2020 - 13:09 WIB
Perawat di Jatim Meninggal akibat Covid-19, Jumlah Total 26 Orang
Perawat di Jatim meninggal dunia akibat covid-19. (Foto: inews/Yudha Prawira)

SURABAYA, iNews.id – Seorang perawat muda sebuah rumah sakit di Jawa Timur (Jatim) meninggal dunia akibat Covid-19. Sebelum meninggal, almarhumah sempat menjalani perawatan selama satu hari di Rumah Sakit Lavalette Kota Malang.

Chandra Meisari Rosana (25) meninggal Rabu (16/9/2020) siang. Sehari-hari, almarhumah bekerja di RSUD Bangil Pasuruan.

Jenazah almarhum diberangkatkan dari RS Lavalette menuju permakaman di kawasan Purworejo, Kota Malang dengan diiringi doa dan penghormatan dari rekan seprofesi. Mereka berdiri berjajar di sepanjang jalan keluar RS, mengiringi mobil ambulans yang membawa jenazah.

Diduga, perawat yang merupakan warga Jalan Untung Suropati Kota Malang ini terpapar Covid-19 saat memberikan layanan kesehatan. Di samping itu, pasien juga memiliki penyakit penyerta atau comorbid yang diduga juga ikut memperparah kondisi perawat kelahiran Pasuruan ini.

Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jatim, Prof Nursalam mengatakan, dengan meninggalnya almarhumah, maka jumlah total perawat di Jatim yang meninggal mencapai 26 orang. “Kota Surabaya menjadi penyumbang terbesar jumlah perawat yang meninggal,” katanya.

Di Surabaya, jumlah perawat yang meninggal sebanyak sembilan orang, Sidoarjo tiga orang, Tuban dan Bojonegoro masing-masing dua orang. Untuk Kota Malang, Sampang, Kota Probolinggo, Bangkalan, Gresik, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Sumenep, Pamekasan dan Kota Pasuruan masing-masing 1 orang.

Sedangkan jumlah perawat yang saat ini terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 843 orang. “Dari jumla tersebut, sekitar 20-30 persen di antaranya masih menjalani perawatan baik di RS ataupun mandiri,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah