Libur Panjang Akhir Pekan

Penumpang di Bandara Juanda Melonjak, Tiket Sejumlah Rute Ludes

Pramono Putra ยท Kamis, 29 Maret 2018 - 15:09 WIB
  Penumpang di Bandara Juanda Melonjak, Tiket Sejumlah Rute Ludes
Antrean penumpang di terminal domestik Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Kamis (29/3/2018). Lonjakan penumpang terjadi jelang libur panjang akhir pekan. (Foto: iNews/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.id - Sehari jelang libur panjang akhir pekan, arus penumpang pesawat melalui Bandara Internasional Juanda Sidoarjo sejak pagi hingga sore melonjak drastic, Kamis (29/3/2018). Selain dipengaruhi kondisi hari libur paskah yang beriringan dengan libur akhir pekan, lonjakan ini juga dipengaruhi oleh banyaknya maskapai penerbangan yang memberlakukan tarif tiket normal. Sementara seiring lonjakan ini, ticket pesawat untuk sejumlah rute penerbangan gemuk, seperti Jakarta, Denpasar, Bandung, dan Jogja telah ludes terjual hingga hari Minggu mendatang.

Sejak Kamis pagi hingga sore, arus penumpang pesawat melalui Bandara Internasional Juanda Sidoarjo terus melonjak. Ruang tunggu penumpang di area terminal keberangkatan domestik, tampak dipenuhi calon penumpang yang menunggu jam keberangkatan pesawat. Sementara antrean calon penumpang tampak di pintu masuk terminal.

Calon penumpang yang berangkat melalui Bandara Juanda ini, rata-rata didominasi oleh calon penumpang yang ingin berlibur ke sejumlah daerah wisata, seperti Denpasar, Bandung, Jogja, dan Jakarta.

Seiring lonjakan penumpang jelang long weekend ini, tiket pesawat tujuan daerah wisata seperti Denpasar, Bandung, Jogja, dan Jakarta telah ludes terjual hingga Minggu pagi. Hampir semua maskapai yang melayani rute penerbangan tujuan empat kota wisata itu, kehabisan tiket. Seluruh penerbangan mengalami full booked, dan baru tersedia pada Minggu, 1 April 2018, siang.

Selain dipengaruhi oleh libur paskah yang beriringan dengan libur akhir pekan, lonjakan penumpang pesawat melalui bandara juanda ini juga dipengaruhi oleh banyaknya maskapai penerbangan yang memberlakukan harga tiket normal seperti hari biasa.

Tidak sedikit calon penumpang yang memesan tiket tiga pekan sebelum keberangkatan. Hal itu dilakukan untuk menghindari lonjakan harga tiket yang biasa melonjak hingga dua kali lipat pada musim libur long weekend.

Yayuk, calon penumpang tujuan Denpasar mengatakan, harga tiket pesawat kali ini tidak jauh berbeda dengan hari biasanya. “Ya segitu itu pak. Seperti kalau liburan biasanya. Tapi yang ini bedanya sedikit doang paling,” kata Yayuk.

Hal senada disampaikan Irwan, calon penumpang yang juga akan berangkat ke Denpasar. Menurutnya, harga tiket libur panjang akhir pekan ini tidak semahal biasanya. “Ini perjalanannya sudah direncanakan sejak berminggu-minggu. Tiketnya agak mahal sih. Tapi sedikit,” katanya.

Sementara itu, meski terjadi lonjakan calon penumpang, namun hingga Kamis sore belum ada satupun maskapai penerbangan yang memberlakukan extra flight, atau penerbangan ekstra yang biasa dilakukan pada musim liburan.

Pihak PT Angkasa Pura 1 Surabaya selaku pengelola Bandara Juanda memprediksi, puncak lonjakan arus penumpang libur panjang akhir pekan melalui Bandara Juanda Sidoarjo, akan terjadi pada Jumat, 30 Maret 2018, besok pagi. Dengan jumlah penumpang diprediksi mencapai 75.000 orang.


Editor : Himas Puspito Putra