Penipuan Online Jual Motor Lelang, Pelaku Gunakan Hipnotis Jerat Korban di Pasuruan

Jaka Samudra ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 20:09 WIB
Penipuan Online Jual Motor Lelang, Pelaku Gunakan Hipnotis Jerat Korban di Pasuruan
Rilis pengungkapan kasus penipuan online dengan modus hipnotis di Mapolresta Pasuruan. (Foto: iNews.id/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.id - Polres Kota Pasuruan Jawa Timur mengungkap sindikat penipuan penjualan motor lelang di Facebook. Modus pelaku dengan cara menghipnotis korban hingga bersedia mentransfer uang.

Tiga anggota sindikat tersebut ditangkap di tempat tinggal mereka di Kabupaten Sidenreng, Sulawesi Selatan. Ketiga orang yang ditangkap itu adalah Ababil (19), Rahmat Hidayat (18), dan Mashudi (35). Setelah ditangkap, ketiganya digiring ke Pasuruan untuk menjalani proses hukum.

Meskipun pelaku berada di Sulsel, namun korbannya berasal dari seluruh Indonesia dan paling banyak berada di Pulau Jawa. Hal ini bisa terjadi karena pelaku menggunakan media sosial Facebook untuk menjaring korban.

Pelaku menjaring korban dengan cara memposting foto motor jenis tertentu yang dijual dengan harga miring karena merupakan hasil lelang. 

Salah satu korban yang terjerat aksi penipuan tersebut adalah warga Lumbang, Pasuruan. Ia yang melaporkan aksi penipuan sindikat tersebut ke kepolisian hingga akhirnya dilakukan pengungkapan oleh petugas kepolisian.

“Dasar laporan dari warga, ketiga pelaku ditangkap dengan modus hipnotis lewat Facebook,” kata Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander saat merilis pengungkapan kasus di Mapolresta Pasuruan, Rabu (18/12/2019).

Dony menambahkan, selain menangkap ketiga anggota sindikat penipuan itu, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti yang digunakan para pelaku melancarkan aksinya yaitu 7 unit telepon seluler, uang tunai Rp7 juta, STNK dan BPKB palsu.

Ketiga pelaku bakal dijerat dengan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan hingga empat tahun.


Editor : Reza Yunanto