Penemuan Bayi di Lumajang, Ibu Korban Tuliskan Sebuah Pesan

Yuswantoro ยท Jumat, 09 Agustus 2019 - 15:30 WIB
Penemuan Bayi di Lumajang, Ibu Korban Tuliskan Sebuah Pesan
Isi pesan dari orang yang diduga ibu korban, bayi yang dibuang di Lumajang. (Foto: Sindonews).

LUMAJANG, iNews.id - Bayi perempuan yang didapati warga di halaman rumahnya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), diduga dibuang oleh ibu kandungnya. Motifnya disebut karena khawatir suami akan menjual anak malang tersebut.

Di dalam kardus tempat menyimpan bayi tersebut, juga ditemukan sepucuk surat tulisan tangan. Penulisnya bernama Fitri, mengaku sebagai ibu kandung si bayi.

Berikut isi pesannya:

Siapapun yang punya rumah ini, ambil lah anak saya ini. Aku ikhlas buat mbak. Tolong ya jangan bilang-bilang kalau ada orang buang anak ini, karena aku kabur dari rumah sakit Banyuwangi, karena anak saya mau dijual sama suami. Saya takut kalau dijual dan dibunuh.

Dan bilang kalau ada orang tanya, mbak dikasih saudara mbak. Sampai kapan pun anak ini akan jadi anak kalian, aku ikhlas. Ini bukan anak haram loh mbak, aku terpaksa karena takut anak saya dijual.

Tadi pagi saya melahirkan, hari Kamis jam 9, aku enggak kuat mau bawa anak ku ke mana, aku kasih mbak saja. Kalau dia sudah besar jangan bilang ya mbak kalau dia dikasik, saya Fitri.

Sebelumnya, warga Ranuyoso Kabupaten Lumajang geger dengan penemuan bayi di dalam kardus. Korban diduga sengaja ditelantarkan orang tuanya di depan rumah seorang warga pada Kamis (8/8/2019) malam.

Bayi berjenis kelamin perempuan tersebut ditemukan di rumah warga Dusun Krajen II, Desa Ranubedali, Kecamatan Ranuyoso. Kondisi korban berada di dalam kardus, ditinggalkan di teras rumah warga, Sakor (49), pukul 19.00 WIB.

"Saya langsung melapor ke kepala desa, supaya didampingi ke Polsek Ranuyoso. Selanjutnya, bayi tersebut dibawa ke puskesmas," kata Sakor di Desa Ranubedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jatim, Jumat (9/8/2019).


Editor : Andi Mohammad Ikhbal