Penangkapan Lumba-Lumba di Pacitan, Polisi: Tak Ada Unsur Kesengajaan

Antara ยท Minggu, 09 Januari 2022 - 22:46:00 WIB
Penangkapan Lumba-Lumba di Pacitan, Polisi: Tak Ada Unsur Kesengajaan
Tangkapan Layar Video Viral Lumba-Lumba Ditangkap di Perairan Pacitan

PACITAN, iNews.id - Penangkapan tujuh ekor lumba-lumba diduga jenis moncong panjang (long-beaked common dolphin) di Pacitan, Jawa Timur (Jatim) tidak ada unsur kesengajaan. Hal ini diketahui hasil penyelidikan sementara.

"Kesimpulan ini mengacu keterangan para terperiksa. Kejadian tersebut (sama sekali) di luar kesengajaan," kata Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono, Minggu (9/1/2022).

Dia menambahkan, sejauh ini sudah ada empat orang yang sudah diperiksa. Satu berstatus nahkoda atau juru mudi, dan tiga lainnya merupakan anak buah kapal.

Pemeriksaan atas kasus dugaan penangkapan dan pembunuhan mamalia laut jenis lumba-lumba yang merupakan satwa dilindungi itu dipastikan masih akan berlanjut.

"Ada 23 ABK lain yang sedianya bakal dipanggil tim penyidik di Satreskrim Polres Pacitan untuk dikonfrontir terkait keterangan masing-masing saksi," kata dia

Dari pengakuan dan kesaksian juru mudi dan tiga ABK yang terperiksa, disebutkan bahwa tidak semua lumba-lumba yang tertangkap jaring purse seine mereka mati.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: