Pemprov Jatim Gandeng Kemenparekraf Majukan Pariwisata Madura

Ihya' Ulumuddin ยท Sabtu, 18 Januari 2020 - 01:00 WIB
Pemprov Jatim Gandeng Kemenparekraf Majukan Pariwisata Madura
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bertemu Menparekraf, Wisnutama. (Foto: iNews/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memajukan pariwisata di Pulau Madura. Madura dinilai menyimpan banyak potensi wisata yang belum banyak diketahui masyarakat secara luas.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan selain pariwisata, Madura juga memiliki potensi di bidang kuliner, budaya, dan religi. Sayangnya semua masih kalah pamor dengan daerah lain.

“Kami ingin agar potensi ini bisa lebih dimaksimalkan lagi agar perekonomian masyarakat di Pulau Madura bisa terangkat. Formatnya adalah Indonesian Islamic Science Park,” katanya seusai bertemu Menteri Parekraf, Wishnutama, Jum'at (17/1/2020).

Khofifah mengatakan, di Pulau Madura, ada sejumlah destinasi pariwisata yang cukup potensial. Di antaranya, Gili Labak dan Gili Iyang yang berada di Kabupaten Sumenep.

BACA JUGA: Pemprov Jatim dan iNews Jajaki Kerja Sama Promosi Wisata

Gili Labak terkenal memiliki keindahan bawah laut dan biota yang beragam. Selain itu pulau ini dikelilingi oleh pasir putih yang bersih.

Sementara Gili Iyang, selain memiliki daya pikat pantai yang mempesona, juga merupakan pulau
dengan kadar oksigen tertinggi dan terbaik di dunia yakni 21,5 persen setelah Jordania. Kadar oksigen di pulau tersebut lebih tinggi dari kadar oksigen rata-rata yang sebesar 20 persen.

Sayangnya, daya tarik wisata di pulau ini belum didukung oleh sarana dan prasarana infrastruktur yang memadai. Maka dari itu, Pemprov Jatim, berharap Kemenparekraf bisa turut mengembangkan pariwisata di Madura, khususnya Indonesian Islamic Science Park.


Editor : Umaya Khusniah