Pemkab Sidoarjo Tak Segan Tindak Perusahaan yang Buang Limbah ke Sungai

Antara ยท Minggu, 19 Januari 2020 - 18:13 WIB
Pemkab Sidoarjo Tak Segan Tindak Perusahaan yang Buang Limbah ke Sungai
Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin saat meninjau Dam Sumput Sidoarjo. (Foto: Antara)

SIDOARJO, iNews.id – Terkait buih busa di aliran Dam Sumput, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo akan menindak tegas perusahaan yang sengaja membuang limbah ke sungai. Petugas tengah meneliti air sungai tersebut untuk mengetahui kandungan kimia di dalamnya.

Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan pemkab tidak akan segan-segan untuk melakukan penindakan tegas jika memang diketahui ada perusahaan yang sengaja membuang limbah.
"Itu sudah murni masalah hukum,” katanya, Minggu (19/1/2020).

Nur Ahmad mengatakan hari Minggu, buih itu sudah tidak tampak lagi di Dam Sumput. Pemkab dengan instansi lain akan melakukan pengecekan kualitas baku air yang mengalir di wilayah tersebut.

"Saat ini sedang dilakukan uji laboratorium untuk mengetahui apakah ada kandungan limbah kimia yang mengakibatkan buih busa tersebut," katanya.

BACA JUGA: Cari Tahu Asal Busa, DLHK Ambil Sampel Air di Sungai Sidoarjo

Pada kesempatan yang sama, petugas Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit, Fransiska mengatakan pihaknya langsung melakukan uji kandungan air sesuai dengan peraturan yang ada begitu ada laporan buih di permukaan sungai.

"Ada sekitar 30 parameter yang diteliti dalam pemeriksaan ini,” katanya.

Dia mengtakan pihaknya membutuhkan waktu sekitar 10-14 hari untuk mengetahui hasilnya.

Sebelumnya, air permukaan sungai di Dam Sumput mengeluarkan buih berwarna putih seperti salju. Buih busa sepanjang sekitar 1 kilometer itu menjadi tontonan warga sekitar.


Editor : Umaya Khusniah