Pemkab Jombang Siapkan Lokasi Baru untuk Pasien Covid-19 Tak Berpenyakit Bawaan Berat

Mukhtar Bagus ยท Senin, 01 Juni 2020 - 14:08 WIB
Pemkab Jombang Siapkan Lokasi Baru untuk Pasien Covid-19 Tak Berpenyakit Bawaan Berat
Proses persiapan tempat isolasi baru bagi pasien Covid-19 di Jombang. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id – Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim) menyiapkan lokasi isolasi baru untuk mengantisipasi terus bertambahnya pasien Covid-19. Tempat isolasi dan perawatan pasien ini menempati gedung Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pemkab Jombang di Jalan dr Sutomo Kota Jombang.

Penambahan gedung baru untuk isolasi ini dikarenakan dua rumah sakit milik pemerintah daerah yang sudah disiapkan sebelumnya, sudah penuh dengan pasien. Di tempat isolasi baru ini, tim Penanganan Gugus Tugas Covid-19 Jombang telah menyiapkan 30 tempat tidur.

Nantinya, yang akan dirawat di gedung ini adalah pasien positif Covid-19 yang tidak memiliki riwayat penyakit bawaan yang berat. Selain seluruh kebutuhannya terpenuhi, pasien di lokasi ini juga akan dipandu untuk mengikuti berbagai program penyembuhan.

Pasien nantinya juga akan didampingi oleh 12 relawan kesehatan yang telah dibentuk sebelumnya. Dengan demikian, diharapkan para pasien yang akan dirawat dapat tinggal lebih nyaman.

Salah satu relawan kesehatan Amalia mengaku, sempat ada kekhawatiran akan terpapar Covid-19. Namun, dirinya yakin jika mengikuti prosedur yang ditetapkan, maka akan baik-baik saja.

“Takut pasti ada, tapi kalau ikut prosedur dan bisa jaga diri, tidak apa-apa,” katanya.

Sementara, Koordinator Bidang Penanganan Covid-19 Jombang, dr Nasrulloh mengatakan, suasana di ruang perawatan di gedung ini dibuat senyaman mungkin, sehingga pasien betah. Selain akan ada kegiatan olah raga bersama, di lokasi ini juga disediakan permainan tradisional.

“Tujuannya agar pasien nyaman dan betah. Itu yang terpenting,” katanya.

Hingga saat ini, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jombang terus bertambah. Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19, jumlah pasien yang positif berjumlah 51 orang. Mereka dirawat di ruang isolasi RSUD Jombang dan RSUD Ploso.


Editor : Umaya Khusniah