Pembunuhan Perempuan di Sidoarjo Terungkap, Pelaku Pembantu Korban

Yoyok Agusta ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 16:30 WIB
Pembunuhan Perempuan di Sidoarjo Terungkap, Pelaku Pembantu Korban
Ilustrasi pembunuhan. (Foto: Istimewa)

SIDOARJO, iNews.id – Pelaku pembunuhan terhadap Magdalena Tien Kartini (65), warga Jalan Katamso, Waru Sidoarjo, tertangkap. Pelaku tak lain, pembantu rumah tangga korban, S dan suaminya HS. Pasangan suami istri ini diringkus setelah beberapa hari buron.

Hasil penyelidikan polisi, peristiwa pembunuhan bermula ketika tersangka S meminjam uang kepada korban untuk dipakai pulang ke Balikpapan bersama suaminya HS. Namun, korban menolak.

Penolakan inilah yang membuat pelaku S sakit hati. Bersama suaminya, S lantas membekap wajah korban dengan dengan selimut. Tak hanya itu, dalam kondisi tak berdaya, korban juga ditusuk gunting di bagian perut dan kepala, hingga tewas.

Setelah korban terbunuh, kedua tersangka mengambil barang berharga korban dan melarikan diri ke Pulau Bali. "Kedua pelaku kami tangkap di Bali, tiga hari setelah peristiwa pembunuhan," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, Kamis (30/7/2020).

Selain mengamankan kedua pelaku, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti, antara lain gunting yang dipakai membunuh korban, baju tersangka, sprei bekas darah korban, telepon genggam korban, perhiasan dan uang tunai Rp6 juta.

Atas perbuatan ini, kedua pelaku ini dijerat pasal 365 KHUP tentang pencurian dan kekerasan dengan ancaman hukuman di atas tujuh tahun penjara, serta 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup serta pasal 338 dengan ancaman 15 tahun penjara.

Diketahui, pada Senin (24/7/2020) lalu perempuan berinisial M ditemukan tewas dengan kondisi penuh luka di kawasan Waru, Sidoarjo. Hasil penyelidikan polisi, korban tewas karena dibunuh.


Editor : Ihya Ulumuddin