Pemalsu Dokumen Kependudukan Asal Blitar Ditangkap, Ada 4 Paspor Asli Masih Kosong

Hari Tambayong ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 23:30 WIB
Pemalsu Dokumen Kependudukan Asal Blitar Ditangkap, Ada 4 Paspor Asli Masih Kosong
Anton Sumaryono ditangkap polisi dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim. (Foto: iNewsHari Tambayong)

SURABAYA, iNews.id – Seorang laki-laki warga Kecamatan Srengat, Blitar, Jawa Timur (Jatim) ditangkap polisi lantaran membuat dokumen kependudukan palsu. Di antara barang bukti yang disita, polisi mengamankan empat paspor asli.

Anton Sumaryono ditangkap polisi dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim. Dari pelaku, polisi menyita 71 stempel sejumlah kedinasan serta stempel KUA beberapa kota di Jatim.

Selain itu, polisi juga menyita barang bukti lain berupa belasan lembar blangko akte kelahiran kosong dan kartu keluarga palsu yang mirip dengan aslinya. Untuk mengungkap kasus ini secara tuntas, Polda Jatim akan berkoordinasi dengan Imigrasi dan Dinas Kependudukan di sejumlah provinsi.

Dirreskrimum Polda Jatim, Kombes Pol Pitra Ratulangie mengatakan paspor ini asli tapi bisa diisi dengan data fiktif. “Paspor ini bisa digunakan dari dank e luar negeri. Akte lahir ini kjuga ada hologram tapi palsu,” katanya, saat ekspos kasus di Mapolda Jatim, Jumat (21/2/2020).

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal pemalsuan serta administrasi kependudukan dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

Tak hanya itu, Polda Jatim juga akan satgas praja untuk mengantisipasi kasus pemalsuan dokumen kependudukan yang digunakan untuk kecurangan pilkada terkait dugaan penggelembungan suara.


Editor : Umaya Khusniah