Pelaku yang Lempar Kotoran ke Petugas Covid-19 di Surabaya Terancam Pasal Berlapis

Sony Hermawan ยท Selasa, 06 Oktober 2020 - 12:18:00 WIB
Pelaku yang Lempar Kotoran ke Petugas Covid-19 di Surabaya Terancam Pasal Berlapis
ilustrasi petugas medis. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Pelaku pelemparan kotoran terhadap Tim Covid-19 Puskesmas Sememi, Kota Surabaya terancam pasal berlapis. Beberapa di antaranya Pasal 14 Undang-Undang Tahun 1984 tentang Penularan Wabah serta Pasal 335 KUHP tentang Perbuatan Tidak Menyenangkan.

Kedua pasal tersebut bisa dikenakan karena pelaku telah berbuat melawan hukum, menghalangi evakuasi terhadap pasien probable Covid-19. Selain itu, pelaku juga melecehkan petugas dengan melumurkan kotoran.

“Selain itu, pelaku juga bisa dikenai pasal 212 KUHP karena melawan petugas negara,” Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran, Selasa (6/10/2020).

Untuk melengkapi berkas penyidikan kasus tersebut, pihaknya akan memeriksa pelaku bersama dua anggota keluarganya. Pemeriksaan ini baru bisa dilakukan karena beberapa hari sebelumnya mereka menjalani isolasi mandiri.

“Ketiganya kami periksa untuk melengkapi keterangan empat orang saksi sebelumnya,” ujarnya.

Sudamiran mengatakan, sejak laporan masuk ke Polrestabes Surabaya, penyidik telah memeriksa empat orang saksi. Mereka yakni sopir ambulans, perawat, dokter serta petugas Linmas yang ikut menjadi korban pelumuran kotoran.

“Kami berkomitmen akan menindak tegas pelaku pelanggar protokol kesehatan maupun petuga medis. Sebab, satgas Covid-19 ini dilindungi undang-undang nasional maupun internasional,” katanya.

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Johnny Eddison Isir mengaku akan segera melakukan gelar atas kasus tersebut. Seluruh pihak akan dihadirkan pada agenda tersebut. Mereka antara lain para korban, saksi hingga pelaku.

Editor : Ihya Ulumuddin

Bagikan Artikel: